INDONEWS.ID

  • Selasa, 03/03/2020 17:01 WIB
  • Banda Aceh Deklarasikan Gampong Beurawe Bersinar

  • Oleh :
    • luska
Banda Aceh Deklarasikan Gampong Beurawe Bersinar
Banda Aceh Deklarasikan Gampong Beurawe Bersinar.

Banda Aceh, INDONEWS.ID - Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman bersama Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen. Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si mendeklarasikan Gampong atau Desa Beurawe sebagai Gampong Bersinar atau bersih narkoba, Selasa (3/3).

Kegiatan yang mengambil tempat di komplek Masjid Al-Furqan Beurawe ini dihadiri warga dan para pejabat dari unsur Forkopimda dan Kepala SKPD di Kota Banda Aceh.

Baca juga : BNNP Jawa Tengah Ungkap Kasus TPPU Kejahatan Narkotika

Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra menyampaikan deklarasi ini merupakan inisiasi bersama Keuchik Beurawe, Camat Kuta Alam dan BNN Banda Aceh dalam mewujudkan komitmen Walikota Banda Aceh menjadikan semua gampong di Banda Aceh Bersinar atau bersih narkoba.

"Gampong Beurawe mengambil peran penting mengajak seluruh stakeholder menjadikan langkah kecil ini, menyelesaikan pekerjaan besar menjadikan Banda Aceh bersih narkoba," kata Hasnanda.

Baca juga : Desa Taman Ayu Lombok Barat Jadi Pilot Project Desa Bersinar BNN

Acara yang berlangsung meriah ini juga dilakukan pembacaan ikrar dan pengukuhan Penggiat Anti Narkoba Gampong Beurawe.

Memulai seremonial pencanangan dilakukan dengan menabuh rapa'i sebagai tanda launching, dilakukan secara bersama oleh Walikota Banda Aceh, Kepala BNNP Aceh, Ketua DPR Kota Banda Aceh, Kepala BNNK Banda Aceh, Camat Kuta Alam, Keuchik Gampong Beurawe dan unsur Forkopimda lainnya.

Baca juga : GPAN Lobar Sukses Lakukan Penjangkauan, 34 Penyalahguna Akan Direhabilitasi di BNN Provinsi

Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman menyampaikan harapan agar seluruh gampong di Kota Banda Aceh bersih narkoba.

"Kita bersyukur, komitmen bersama dari menjaga naik menjadi keinginan gampong bersinar atau bersih narkoba," kata Aminullah.

Walikota juga menambahkan ada beberapa cara dalam memberantas narkoba diantaranya komitmen perangkat gampong untuk membatasi gerak peredaran narkoba, kemudian anak-anak dan pelajar harus diberikan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan perlu ditanam keimanan yang kuat. 

Harapan yang sama disampaikan Ketua DPR Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar dan menyebutkan perlunya pendampingan atau tindaklanjut setelah deklarasi.

"Kami dari DPRK mendukung penuh upaya Walikota mewujudkan Banda Aceh Bersinar, dan langkah ini bisa kita mulai dari Beurawe," kata Farid Nyak Umar.

Sementara itu Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen. Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini harus terus dapat dilakukan pada 90 gampong lainnya di Kota Banda Aceh, dan pihaknya juga bertekad menjadikan 6.497 gampong di Provinsi Aceh bersih narkoba.

"Kita sudah koordinasi dengan Polda, Kodam, Kajati sinergi program bersama di desa atau gampong yang tujuannya menjadikan kawasan yang bersih narkoba," kata Heru Pranoto.

Jenderal bintang satu yang baru bertugas di Provinsi Aceh ini juga mengajak Ibu-ibu termasuk unsur PKK untuk mengajarkan putra-putri nya bahaya narkoba, menurutnya pertemuan pengajian atau kegiatan PKK dapat dimanfaatkan untuk membentengi keluarga sekaligus mengambil peran mendukung gampong bersih narkoba.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Gampong Bersinar dan penyematan pin Penggiat Anti Narkoba sebagai tanda pengukuhan Gampong Beurawe sebagai Gampong Bersih dari Narkoba.(Lka)

Artikel Terkait
BNNP Jawa Tengah Ungkap Kasus TPPU Kejahatan Narkotika
Desa Taman Ayu Lombok Barat Jadi Pilot Project Desa Bersinar BNN
GPAN Lobar Sukses Lakukan Penjangkauan, 34 Penyalahguna Akan Direhabilitasi di BNN Provinsi
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Mengenal Lebih Jauh Ayush Systems of Medicine India dan Perannya di WHO
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas