INDONEWS.ID

  • Jum'at, 06/03/2020 20:01 WIB
  • Ketua APKASI: Soal Corona, Mendagri Minta Kepala Daerah Tenangkan Masyarakat

  • Oleh :
    • Mancik
Ketua APKASI: Soal Corona, Mendagri Minta Kepala Daerah Tenangkan Masyarakat
Pertemuan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Usai bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Azwar Anas sempat menyinggung soal penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Menurut Azwar yang juga Bupati Banyuwangi, Mendagri Tito, beri arahan agar seluruh kepala daerah bisa menenangkan masyarakat. Informasi terkait penanganan virus Corona diminta untuk dilakukan dengan cara yang soft. Seluruh kepala daerah, akan tindak lanjuti itu.

Baca juga : Resmikan 16 MPP, Menteri Anas Ajak Interoperabilitas Layanan Publik ke Portal Nasional

" Dengan cara-cara yang lebih soft yang tidak membuat gaduh masyarakat. Ini sebagaimana arahan Pak Presiden dan Pak Mendagri, akan kita tindaklanjuti," kata Azwar di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Jumat (6/03/2020).

Saat ditanya tentang wacana pembentukan pusat krisis di daerah, Azwar menjawab, bahwa bukan pusat krisis tapi lebih ke pusat informasi. Intinya, pusat informasi itu bisa menyampaikan informasi soal penanganan virus Corona secara tepat. Tidak membuat masyakarat panik. Itu pula yang ditekankan Mendagri.

Baca juga : Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas Besok Akan Resmikan 17 Mal Pelayanan Publik

"Di Banyuwangi misalnya saya tidak muncul pake masker, ini karena isu masker dan lain-lain seperti ada kegaduhan. Nah yang penting itu informasi bagaimana mendorong daya tahan tubuh, itu menjadi jauh lebih bagus," ujarnya.

Penanganan penyebaran virus Corona sendiri kata Azwar, sudah ada SOP-nya dari Kementerian Kesehatan. Sekarang yang lebih penting adalah menyampaikan informasi ke masyakarat secara tepat dan benar. Makanya perlu ada pusat informasi. Semua kepala daerah telah siap bentuk itu.

Baca juga : Menteri PANRB Beberkan Skema Pemindahan ASN ke IKN

"Sehingga dengan demikian cara-cara yang lebih soft yang tidak membuat gaduh masyarakat ini yang penting, sebagaimana arahan Pak Presiden dan Pak Mendagri. Ini yang akan kita tindak lanjuti," kata Azwar.*

 

Artikel Terkait
Resmikan 16 MPP, Menteri Anas Ajak Interoperabilitas Layanan Publik ke Portal Nasional
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas Besok Akan Resmikan 17 Mal Pelayanan Publik
Menteri PANRB Beberkan Skema Pemindahan ASN ke IKN
Artikel Terkini
The Hermansyah Family Gelar Buka Puasa Bersama Karyawan di Pertengahan Bulan Ramadan
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas