INDONEWS.ID

  • Selasa, 10/03/2020 08:30 WIB
  • Melihat Persiapan Keraton Yogyakarta Sambut Ratu dan Raja Belanda

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Melihat Persiapan Keraton Yogyakarta Sambut Ratu dan Raja Belanda
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Keraton Yogyakarta bakal menyambut khusus Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima. Raja dan Ratu Belanda ini dijadwalkan bakal datang ke Yogya pada Rabu, 11 Maret 2020.

Raja dan Ratu Belanda dijadwalkan menyambangi Keraton Yogyakarta pukul 11.00 WIB untuk bertemu Raja Keraton, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarga.

Baca juga : Memetik Berkah Lailatul Qadar di Penghujung Ramadan

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura atau Sekjen Keraton Yogya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono mengatakan Keraton akan mempersiapkan sambutan khusus bagi Raja dan Ratu Belanda tersebut.

"Karena yang datang ini Raja dan Ratu Belanda, maka Ngarso Dalem (Sultan HB X) dan (permaisuri) Gusti Kanjeng Ratu Hemas akan memakai pakaian Jawa," kata Condrokirono, Senin, 9 Maret 2020.

Baca juga : Gaungkan HPKN, Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser di Jakarta

Selain itu, Raja dan Ratu Belanda ini akan diberi penghormatan melalui kirab khusus bergada (prajurit) Keraton yang akan dilakukan di depan Bangsal Trajumas.

Menurut Condrokirono, yang juga putri kedua Sultan HB X itu, penghormatan menggunakan Bergada digunakan jika tamunya merupakan raja, ratu, juga putra mahkota kerajaan lain.

Baca juga : Narasi Kebangkitan Khilafah Perspektif Sempit dan Irasional

"Seperti dulu saat Pangeran Charles (Kerajaan Inggris) berkunjung ke Keraton, juga dilakukan prosesi (penyambutan khusus) itu," ujar Condro.

Condrokirono menuturkan kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Keraton Yogya itu hanya bentuk silaturahmi antar keluarga kerajaan.

"Dalam rangka silaturahmi saja kok, tidak ada pembicaraan khusus. Dulu kan pernah Ratu Belanda ke Yogya juga," kata Condro.

Selain di Keraton, Raja dan Ratu Belanda juga akan menyambangi Kampung Cyber Tamansari yang lokasinya masih di area Jeron Beteng Keraton Yogya pukul 13.00 WIB.

Dari Kampung Cyber Tamansari, Raja dan Ratu Belanda akan bertolak ke Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengunjungi Pameran Inovasi.

Lalu jelang malam hari pukul 17.30 WIB, Raja dan Ratu Belanda bertolak ke Candi Prambanan menyaksikan pentas kolosal sendratari Ramayana.

 

Artikel Terkait
Memetik Berkah Lailatul Qadar di Penghujung Ramadan
Gaungkan HPKN, Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser di Jakarta
Narasi Kebangkitan Khilafah Perspektif Sempit dan Irasional
Artikel Terkini
HUT Minahasa Tenggara ke 17, Pj Bupati Maybrat Saksikan Festival Benlak 2024 dan Makan Malam Bersama di Ranumboloy Water Park
PJ Bupati Maybrat Hadiri Pentas Seni Festival Benlak 2024 HUT Minahasa Tenggara ke 17
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih
Realisasikan Investasi di Indonesia, Menko Airlangga Harapkan Lotte Chemical Dapat Menjadi Stimulus Pembangunan Industri Petrokimia Hilir Lokal
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas