INDONEWS.ID

  • Selasa, 24/03/2020 12:04 WIB
  • Pengamat: Presiden Jokowi Diam-diam Ikuti Arahan Rizal Ramli Terkait Ekonomi

  • Oleh :
    • very
Pengamat: Presiden Jokowi Diam-diam Ikuti Arahan Rizal Ramli Terkait Ekonomi
DR Rizal Ramli, ekonom senior. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Analis politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie mengapresiasi sikap Presiden Jokowi yang pada akhirnya mau mengikuti sebagian saran ekonom senior, Rizal Ramli dalam mengatasi dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia.

Seperti diketahui, dalam acara “Indonesia Lawyers Club” yang tayang pada Selasa, 17 Maret 2020, Rizal Ramli menyarakan pemerintah untuk melakukan realokasi APBN 2020 agar dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia bisa diminimalisir.

Baca juga : PTPN IV Implementasikan Teknologi Digital di Bidang Human Capital

“Stop proyek-proyek infrastruktur besar 2020. Harus berani, jangan gengsi. Alokasikan anggaran hanya untuk sektor kesehatan, makanan dan daya beli rakyat miskin,” ujar Rizal Ramli kala itu.

Jerry berpendapat usulan mantan Menko Kemaritiman itu kini telah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi, terutama dalam hal realokasi anggaran pemerintahan untuk ketiga sektor kesehatan, pangan, dan daya beli.

Baca juga : Menteri Erick Tunjuk Noer Fajrieansyah Jadi Direktur Kelembagaan PT PNM

"Pertama, untuk mengalokasikan (realokasi) anggaran di sektor kesehatan. Tiga hari setelah Rizal Ramli bicara di TV, Presiden Jokowi akhirnya pada 20 Maret 2020 menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No 20 tahun 2020. Inpres tersebut adalah tentang ‘Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona’ yang ditujukan untuk seluruh kementerian-lembaga dan Pemda," kata Jerry Massie seperti dikutip Vivanews.com.

Kedua, sambung Jerry, untuk sektor pangan. Hal itu terbukti dari aksi Presiden Jokowi pada tanggal 18 Maret 2020, melakukan blusukan ke Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan bahan pangan. Presiden Jokowi juga meminta Dirut Bulog untuk melakukan segera melakukan operasi pasar.

Baca juga : Erick Thohir Rombak Direksi PT Pos, Ini Daftar Direksi Terbaru

"Ketiga, untuk daya beli masyarakat miskin. Pada 22 Maret 2020, empat hari setelah Rizal Ramli bicara, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman akhirnya menyatakan, pemerintah akan menjamin perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19," tutur Jerry.

Melihat dari fakta bahwa kebijakan Jokowi dalam menangani dampak dari virus corona terhadap perekonomian Indonesia yang ternyata selaras dengan usulan Rizal Ramli, Jerry lantas mempertanyakan kinerja para menteri di bidang ekonomi dalam memberi kontribusi mengatasi persoalan ekonomi yang sangat serius.

"Bila benar ternyata Jokowi diam-diam (tanpa kasih kredit) nurut arahan Rizal Ramli yang notabene bukan bagian pemerintah, lalu selama ini para menteri ekonomi itu sebenarnya gunanya apa?" kata Jerry.

Jerry justru berpendapat di tengah perekonomian yang sedang dirundung masalah, Jokowi sebenarnya sangat merindukan sosok Rizal Ramli yang memiliki banyak terobosan dalam melewati badai perekonomian yang sedang mengguncang negeri ini.

"Bukan saja dampak ekonomi dari virus corona, economic crisis, rupiah terpuruk-pun RR bisa membantu lewat point of view sudut pandang pemikirannya. Saya percaya Jokowi merindukan sosok pemikir seperti RR. Sebab, RR ekonom nomor satu Indonesia yang all around mulai dari financialoperational managment, macroeconomics and microeconomics," pungkas Jerry Massie. (Very)

 

Artikel Terkait
PTPN IV Implementasikan Teknologi Digital di Bidang Human Capital
Menteri Erick Tunjuk Noer Fajrieansyah Jadi Direktur Kelembagaan PT PNM
Erick Thohir Rombak Direksi PT Pos, Ini Daftar Direksi Terbaru
Artikel Terkini
Puting Beliung Terjang Tiga Kecamatan di Kota Medan, Ratusan Rumah Rusak
Sastrawan Apresisasi Corpus Puisi Pandemi Karya Akademisi dari Berbagai Perguruan Tinggi
Bertemu Moeldoko, Rizal Ramli: Sudah Lama Ndak Nikmati Cigar Berdua
Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dibuka 21 September Hingga 3 Oktober 2020
Mendagri Tito Ingatkan Pilkada Momentum Lawan Total Pandemi Covid-19
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir