INDONEWS.ID

  • Minggu, 29/03/2020 13:01 WIB
  • IMF Sebut Pandemi Corona Sudah Jadi Krisis Ekonomi dan Keuangan Global

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
IMF Sebut Pandemi Corona Sudah Jadi Krisis Ekonomi dan Keuangan Global
Sektor Pariwisata ikut sepi imbas dari pandemi corona (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pandemi virus corona (COVID-19) yang pertama kali muncul di Wuhan, China dan telah mewabah hampir ke seluruh negara menyebabkan ekonomi dan keuangan global saat ini mengalami krisis.

Demikian disampaikan Ketua Komite Moneter dan Keuangan Internasional Lesetja Kganyago dan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva dalam siaran pers IMF, Jakarta, ditulis Sabtu (28/3).

Baca juga : Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia

"Kita berada dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana pandemi kesehatan global telah berubah menjadi krisis ekonomi dan keuangan," demikian bunyi pernyataan IMF itu.

Dengan adanya penghentian mendadak dalam kegiatan ekonomi, output global akan berkontraksi pada 2020. Negara-negara anggota telah mengambil tindakan luar biasa untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi kegiatan ekonomi.

Baca juga : Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan

"Tetapi dibutuhkan lebih banyak. Prioritas harus diberikan pada dukungan fiskal yang ditargetkan untuk rumah tangga dan bisnis yang rentan untuk mempercepat dan memperkuat pemulihan pada tahun 2021," sambung IMF.

Banyak dari negara-negara ini membutuhkan bantuan untuk memperkuat respons krisis mereka dan memulihkan pekerjaan dan pertumbuhan, mengingat kekurangan likuiditas valuta asing di ekonomi pasar berkembang dan beban utang yang tinggi di banyak negara berpenghasilan rendah.

Baca juga : Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

Rp16.200 Triliun Siap Digelontarkan

Tindakan kebijakan yang kuat dan terkoordinasi, termasuk di tingkat multilateral, adalah kunci untuk menyelesaikan krisis global ini secara efektif.

Untuk tujuan ini, anggota IMFC menyambut upaya cepat IMF untuk mendukung sejumlah besar negara yang membutuhkan pembiayaan darurat IMF pada saat yang sama, serta kerja sama yang erat dengan lembaga keuangan internasional lainnya, terutama Kelompok Bank Dunia.

IMF siap menggunakan kapasitas keuangan USD 1 triliun atau sekitar Rp16.200 triliun untuk mendukung negara-negara anggotanya.

Mencerminkan tantangan luar biasa, IMF telah mengambil tindakan untuk memberikan bantuan untuk pembayaran utang untuk anggota termiskin di bawah Bencana Penahanan dan Percaya Bencana dan dipanggil untuk memperkuat tanggapan krisis dengan meningkatkan akses ke fasilitas darurat di bawah Fasilitas Kredit Cepat dan Instrumen Pembiayaan Cepat.

Melampaui fasilitas pinjaman tradisionalnya, IMF akan mengeksplorasi opsi tambahan untuk membantu anggota yang mengalami kekurangan valuta asing.

"Masalah-masalah ini akan dibahas oleh Dewan Eksekutif IMF dalam beberapa minggu mendatang dengan maksud untuk membawa paket langkah-langkah yang kuat untuk pertimbangan IMFC di Pertemuan Musim Semi. Tujuan bersama kami adalah membuat respons krisis IMF semakin efektif dalam membantu para anggotanya mencapai pemulihan yang lebih cepat dan lebih kuat," tutup pernyataan IMF itu.

Artikel Terkait
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Artikel Terkini
Antisipasi Kebijakan Ekonomi dan Politik dalam Perang Iran -Israel
Berangkatkan Lebih dari 10 Ribu Penumpang, Mudik Gratis di Sumut Berhasil Tekan Penggunaan Sepeda Motor
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas