INDONEWS.ID

  • Rabu, 08/04/2020 20:10 WIB
  • Lanal Tanjung Balai Asahan Tangkap 20 Pekerja Migran Indonesia Ilegal dari Malaysia

  • Oleh :
    • luska
Lanal Tanjung Balai Asahan Tangkap 20 Pekerja Migran Indonesia Ilegal dari Malaysia

Sumut, INDONEWS.ID - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjung Balai mengamankan 20 Pekerja Migran Indonesia (TKI) illegal asal Malaysia di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjung Balai yang terdiri dari Lanal Tanjung Balai Asahan, Tim Intel Korem 022/PT, Unit Intel Kodim 0208 Asahan, Sat Intelkam Polres Tanjung Balai, Tim Kesehatan RSUD Tengku Mansyur kembali berhasil mengamankan 18 Pria dan 2 Wanita yang berlabuh di Tangkahan Sipil salah satu warga di Tanjung Balai.

Baca juga : Koarmada I Kembali Amankan Pekerja Migran Ilegal dari Malaysia

Danlanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Dafris mengatakan, "Pengamanan ini bermula saat Tim Deteksi Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 menerima Informasi tentang adanya kedatangan Pekerja Migran Indonesia Ilegal asal Negara Malaysia ke wilayah Kota Tanjung Balai,” ungkapnya.

"Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa para Pekerja Migran Indonesia tersebut akan berlabuh di Tangkahan Sipil milik H. Uli Buah, Kelurahan Keramat Kubah, Kecamatan Sei Tualang Raso,” jelas Danlanal.

Baca juga : Lanal Tanjung Balai Asahan Tangkap Kapal Memuat TKI Ilegal dari Malaysia

“Saat tiba di Tangkahan Sipil l, Pekerja Migran Indonesia Ilegal tersebut langsung diamankan dan dievakuasi ke Gedung Karantina Sementara. Pencegahan kemungkinan membawa Covid-19 akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Tim Kesehatan RSUD Tengku Mansyur,” tutur Danlanal.

Sementara itu, melalui keterangan terpisah di Belawan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan Laksma TNI A. Rasyid K, mengatakan "TNI AL, Khususnya Lantamal I pada saat ini terus meningkatkan patroli laut di wilayah kerja Lantamal I salah satunya di Tanjung Balai Asahan guna mendukung upaya pemerintah dalam memutus penularan covid-19 yang saat ini telah ditetapkan pemerintah menjadi pandemi" ungkap Danlantamal.

Baca juga : F1QR Lanal Tanjung Balai Asahan Gagalkan Penyelundupan Narkoba 1000 Pil Ekstasi di Muara Sungai Bagan

"Kedatangan tenaga kerja secara tidak resmi saat ini sedang banyak terjadi sehingga melalui patroli baik intelijen dan maritim yang rutin dilaksanakan bisa meminimalisir adanya resiko penularan Covid-19 yang dimungkinkan melalui kedatangan orang dari luar negeri" jelasnya.

"Saat ini adanya kemungkinan pemulangan Pekerja Migran Indonesia besar-besaran secara bertahap melalui jalur Ilegal, hal ini perlu kita dalami lebih lanjut guna mengantisipasi dan siap dengan segala kemungkinan tersebut untuk mencegah penularan Covid-19 yang berasal dari luar negeri" tegas Danlantamal.

Saat ini, keduapuluh Pekerja Migran Indonesia Ilegal yang diamankan selain dilakukan pengecekan Kesehatan, diarahkan untuk membersihkan diri dan istirahatkan di tempat yang telah disediakan dan dihimbau agar baju yang dipakai saat ini untuk dibuang dan jangan dipakai lagi untuk menghindari kemungkinan  membawa virus corona selama perjalanan kembali ke Indonesia. (Lka)

Artikel Terkait
Koarmada I Kembali Amankan Pekerja Migran Ilegal dari Malaysia
Lanal Tanjung Balai Asahan Tangkap Kapal Memuat TKI Ilegal dari Malaysia
F1QR Lanal Tanjung Balai Asahan Gagalkan Penyelundupan Narkoba 1000 Pil Ekstasi di Muara Sungai Bagan
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas