INDONEWS.ID

  • Senin, 13/04/2020 15:01 WIB
  • Kolinlamil Latihan Penanggulangan Covid 19

  • Oleh :
    • luska
Kolinlamil Latihan Penanggulangan Covid 19

Jakarta, INDONEWS.ID - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 dalam rangka perencanaan operasi pelibatan dukungan angkutan laut dalam penanganan pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Khusus Covid-19 pulau Galang, Kepulauan Riau dan Nunukan dengan menerapkan prinsip physical distancing sehingga menggunakan video conference untuk membatasi jumlah yang berkumpul setiap ruangan. Latihan ini dibuka oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H. mewakili Panglima Kolinlamil, di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/4).

Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 tahun 2020 oleh unsur KRI Kolinlamil merupakan uji doktrin dari pada operasi bantuan kemanusiaan, dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang pada skenario latihan kali ini adalah berfokus kepada kegiatan perencanaan operasi pelibatan dukungan angkutan laut mendukung pemerintah dalam rangka mengangkut pasien di Rumah Sakit Khusus Covid-19 pulau Galang, Kepulauan Riau dan Nunukan.

Baca juga : Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta

Pembukaan latihan ini tidak seperti biasanya, dengan menggunakan video teleconference di Puskodal Kolinlamil, Kepala Staf Kolinlamil berdialog dengan para peserta latihan yang ada di Satlinlamil Jakarta dan Surabaya.
Saat membuka kegiatan tersebut, Kaskolinlamil menyampaikan amanat Panglima Kolinlamil bahwa perkembangan penyebaran dan dampak dari virus corona, berdampak sangat luas, sebagai akibat segala penyebaran virus tersebut, terutama dikarenakan interaksi antara manusia dengan manusia. Dikarenakan virus Corona sudah masuk ke wilayah Indonesia, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan seperti sistem Lockdown kepada seluruh wilayah di Indonesia. Langkah pemerintah sekarang adalah meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus di masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan surat telegram Panglima TNI tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Baca juga : Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI

“Panglima telah mengeluarkan surat telegram tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di lingkungan TNI dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi Resiko Covid-19 yang disebabkan mobilitas seluruh prajurit dan PNS TNI. 

Dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintah melalui pimpinan TNI maka Kolinlamil melaksanakan latihan penanggulangan Covid-19 untuk meningkatkan kemampuan personel dan alutsista yang berfokus pada pelibatan  KOLINLAMIL pada Operasi Militer Selain Perang dalam Dukungan angkutan laut. 

Baca juga : Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang

Agar pelaksanaan latihan penanggulangan Covid-19 dapat berjalan dengan lancar dan aman, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M melalui Kepala Staf Kolinlamil memerintahkan seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan untuk benar-benar memahami dengan baik serta secara professional, serta berharap agar prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil latihan, mampu menjalin kerjasama sesama peserta latihan, para pelatih dan narasumber.

“saya berharap seluruh prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil dari latihan ini dan mampu menjalin kerjasama antara peserta latihan dengan para pelatih dan narasumber,” katanya.
Hadir dalam acara tersebut, Irkolinlamil, para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, Kasatker/Kadis dan Komandan KRI yang berada dipangkalan Jakarta serta Surabaya. (Lka)

Artikel Terkait
Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta
Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI
Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Sidang Ketiga Gugatan 11 Triliun, Kemenkeu dan Bank Indonesia Hadir Tanpa Kelengkapan Administrasi
UU DKJ, Masa Depan Jakarta Sebagai Pusat Perdagangan Global
Kementerian PANRB Segera Gelar Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas