INDONEWS.ID

  • Rabu, 15/04/2020 17:15 WIB
  • Gugus Tugas Covid-19,Target Laboratorium dan Produksi APD

  • Oleh :
    • hendro
Gugus Tugas Covid-19,Target Laboratorium dan Produksi APD
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo di Graha BNPB

Jakarta, INDONEWS.ID - Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk menuntaskan persoalan pandemi Covid-19. Melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menargetkan adanya 78 laboratorium yang dapat digunakan untuk menguji Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Disamping itu, Pemerintah juga berupaya memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) dengan menggunakan komponen lokal dan disertifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah juga memproduksi ventilator karya anak bangsa yang sebelumnya telah diuji coba dibawah pendampingan dari Kementerian Kesehatan RI,” kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

Gugus Tugas berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta sejumlah kementerian dan lembaga lain untuk mendukung peningkatan kapasitas laboratorium dan memproduksi APD.

 

Baca juga : Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik

“Hingga kini Gugus Tugas juga sudah mendistribusikan 725 ribu Alat Pelindung Diri (APD), 13 juta masker bedah dan 150 ribu masker N-95 kepada dokter, perawat dan tim medis ke seluruh Indonesia dan saat ini sudah siap 635 rumah sakit rujukan dengan daya tamping 1.515 ruang isolasi untuk pasien gejala berat dan kritis,” tutur Doni.

 

Baca juga : Sambangi Pasuruan dan Probolinggo, BNPB Tekankan Upaya Antisipasi Potensi Bencana

Dalam menanggulangi Covid-19, Gugus Tugas melakukan kolaborasi Pentahelix Berbasis Komunitas yakni pemerintah, peneliti, dunia usaha, masyarakat serta media mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai tingkat desa/kelurahan. Selain itu, Gugus Tugas juga akan meningkatkan kegiatan edukasi dan sosialisasi termasuk mitigasi ancaman COVID-19.

 

Diakhir pernyataan  Doni Monardo mengucapkan terima kasih atas perjuangan, jerih payah dan bantuan dari semua pihak, seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu dalam perang melawan Covid-19.

Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik
Sambangi Pasuruan dan Probolinggo, BNPB Tekankan Upaya Antisipasi Potensi Bencana
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas