INDONEWS.ID

  • Jum'at, 17/04/2020 13:30 WIB
  • Mengenal Deretan Perusahaan Milik Staf Khusus Milenial Jokowi yang Jadi Sorotan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Mengenal Deretan Perusahaan Milik Staf Khusus Milenial Jokowi yang Jadi Sorotan
Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Foto: Tempo.co)

Jakarta, INDONEWS.ID - Beberapa hari terakhir, beberapa Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi sorotan publik karena dinilai rentan konflik kepentingan.

Salah satu Staf Khusus Milenial Presiden, Andi Taufan Garuda Putra menjadi perhatian karena mengirimkan surat dengan kop Sekretariat Kabinet kepada perangkat desa.

Surat tersebut dikirimkan guna mendukung program yang dijalankan perusahaannya. Sikap Andi ini langsung menuai kritik keras berbagai kalangan, termasuk Indonesia Corruption Watch (ICW), sehingga akhirnya Andi meminta maaf dan menarik kembali surat itu.

Staf Khusus lain yang turut menjadi sorotan adalah Adamas Belva Syah Devara. Belva yang juga merupakan Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Co-Founder perusahaan rintisan dan aplikasi Ruangguru.com itu banyak dikritik karena perusahaannya terpilih menjadi salah satu partner dalam program Kartu Prakerja.

Ketua Umum Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menilai penunjukan vendor digital pada program Kartu Prakerja sarat dengan nepotisme. Pasalnya, keterlibatan Ruangguru.com yang dimiliki Belva akan memicu konflik kepentingan.

Sementara Billy Putra yang juga mendapat sorotan karena telah mengupdate bionya yang dinilai sejajar dengan menteri. 

Tidak hanya Belva dan Taufan, beberapa Staf Khusus Millenial tersebut juga memiliki perusahaan. Berikut adalah daftarnya:

Andi Taufan Garuda Putra

Andi Taufan mendirikan perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) berbasis peer-to-peer lending bernama PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha pada April 2010 lalu. Dilansir dari laman resmi Amartha, perusahaan ini berdiri sebagai microfinance yang bermisi menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara daring.

Adamas Belva Syah Devara

Belva adalah alumnus Harvard University dan Stanford University. Tahun 2017, ia terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia versi Forbes Magazine. Bersama dengan Muhammad Iman Usman, ia mendirikan perusahaan rintisan berbasis pendidikan bernama Ruangguru pada 2014.

Putri Indahsari Tanjung

Anak pengusaha Chairul Tanjung berusia 23 tahun ini memiliki beberapa agensi. Lulusan Academy of Arts, San Francisco, AS ini mendirikan Creativepreneur Event Creator yang bergerak di bidang event organizer dan saat ini juga menjabat sebagai CEO perusahaan tersebut. Putri juga Chief Business Officer dari Kreavi, yakni platform yang mewadahi 55 ribu artis dan seniman.

Angkie Yudistia

Stafsus Jokowi yang juga penyandang disabilitas ini merupakan pendiri Thisable Enterprise pada 2011. Perusahaan ini bergerak di bidang pemberdayaan kaum penyandang disabilitas di Indonesia.

Adapun tiga Stafsus Jokowi lainnya, yakni Ayu Kartika Dewi, Gracia Billy Yosaphat Membrasar, dan Aminuddin Ma`ruf merupakan aktivis di bidangnya masing-masing.

Ayu adalah pencetus program Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali (SabangMerauke). Billy merupakan putra Papua yang fokus mengurus "Kitong Bisa", yayasan yang menangani persoalan pendidikan anak-anak Papua.

Adapun Aminuddin adalah Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2014-2016. Aminuddin juga sempat menjabat sebagai sekretaris jenderal Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Sri Agustin, Nasabah Mekaar Yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel
DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM
Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria
Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Petugas PSR
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas