INDONEWS.ID

  • Jum'at, 17/04/2020 16:01 WIB
  • Peduli Covid-19, Mendagri Terima Bantuan PT. Wilmar Nabati Indonesia

  • Oleh :
    • Mancik
Peduli Covid-19, Mendagri Terima Bantuan PT. Wilmar Nabati Indonesia
Mendagri Tito Karnavian menerima bantuan dari PT. Wilmar Nabati Indonesia, untuk mengatasi wabah virus corona.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menerima bantuan dari PT. Wilmar Nabati Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Produsen Biofield dalam rangka penanganan Covid-19.

Bantuan diserahkan oleh Komisaris PT. Wilmar Nabati Indonesia MP. Tumanggor di Gedung A Kemendagri, Jakarta Pusat,Jumat, (17/04/2020).

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

"Pagi ini Kemendagri kedatangan mitra masyarakat, yakni PT Wilmar Nabati Indonesia ini yang diwakili oleh Bapak Tumanggor, Bapak Norman, ini memberikan atau menyumbangkan 200 jeriken masing-masing 5 Kg hand soap," kata Tito.

Menurutnya, karakteristik Covid-19 yang diselimuti oleh lapisan kulit lemak menyebabkan virus tersebut dapat mati apabila masyarakat rajin mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19

"Karena pembungkusnya adalah bagian lemak, kalau lemaknya dihancurkan oleh pelarut lemak, sabun, detergen, shampoo yang bisa melarutkan lemak dia akan mati. Kemudian juga virus ini tidak akan kuat dengan alkohol, etanol, menurut penelitian 70 sampai 75 persen, dari mana datanya? Ada dua penelitian dari Komisi Nasional Kesehatan China, mereka sudah melakukan penelitian duluan terkait hal ini,” jelasnya.

Sebagai bagian dari perang melawan Covid-19, kelengkapan alat kesehatan termasuk alat untuk membunuh virus baik itu sabun maupun handsanitizer sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karenanya pihaknya melihat terdapat peluang untuk menciptakan alat perang sebagaimana dimaksud.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut Indonesia Bakal Umumkan Bebas Covid-19

"Alat perang kita yang utama selain alat-alat kesehatan, tentu alat yang bisa mematikan Covid itu, ya ini lipid solvent, alkohol, pelarut lemak, sabun, shampo, detergen. Kita memiliki bahan dasar yang luar biasa cukup, salah satu bahan dasar untuk membuat sabun, ditergen, shampoo, adalah minyak kelapa sawit dan Indonesia adalah produsen nomor 1 di dunia untuk minyak kelapa sawit. Nah, artinya kita memiliki peluang untuk menciptakan alat perang itu,” cetusnya.

Oleh karena itu, atas bantuan yang diberikan Asosiasi Pengusaha Sawit dan PT. Wilmar Nabati Indonesia, Mendagri mengucapkan terimakasih yang telah mengambil langkah cepat untuk turut serta peduli terhadap penanganan Covid-19 ini.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada Grup dari PT. Wilmar Nabati Indonesia, kita tahu bahwa salah satu produsen kelapa sawit yang sudah mengambil langkah cepat untuk memproduksi sebagian dari hasil produknya ke pembuatan hand soap atau sabun cair untuk tangan. Karena kita tahu bahwa salah satu cara kita untuk menghindari Covid ini adalah dengan cuci tangan. Ini kita harus all out semua, baik pemerintah, baik swasta ,masyarakat juga bergerak semua, untuk memproduksi alat perang kita, menghadapi Covid,” ujarnya.

Bantuan ini nantinya akan diserahkan kepada siapa saja orang, Badan/Lembaga, atau Pemda yang berhak untuk mendapatkannya.

Mendagri juga berjanji pihaknya akan menginventarisir daerah mana saja yang memerlukan alat perang Covid-19 tersebut untuk menghubungkan antara produksi dengan permintaan di masyarakat.*

 

Artikel Terkait
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Presiden Jokowi Sebut Indonesia Bakal Umumkan Bebas Covid-19
Artikel Terkini
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas