INDONEWS.ID

  • Sabtu, 18/04/2020 07:01 WIB
  • Perkembangan Terkini KM Lambelu, 92 dari 151 Awak Kapal Positif Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
Perkembangan Terkini KM Lambelu, 92 dari 151 Awak Kapal Positif Covid-19
KM.Lambelu sempat tidak diijinkan bersandar di Pelabuhan Makassar karena adanya awak kapal yang terinfeksi virus corona.(Foto:Kompas.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan pemeriksaan terhadap seluruh awak kapal KM.Lambelu yang saat ini berlabuh didekat pelabunan Makassar. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan jumlah kru yang terinfeksi virus corona.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, jumlah awal kapal KM Lambelu yang positif Covid-19 yakni berjumlah 92 orang. Jumlah tersebut merupakan total dari kru kapal yang berjumlah 151 orang.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

"Waktu di lapangan kita melihat tidak sesuai. Namun kita periksa saja. Teman-teman waktu pemeriksaan itu di atas kapal, jadi tentu orang-orang di atas kapal yang kita periksa," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Muhammad Ichsan Mustari seperti dilansir Tribunewscom, Jakarta, Sabtu,(18/04/2020)

Ichsan menambahkan, jumlah tersebut diketahui setelah tim dari Dinas Kesehatan Sulsel melakukan proses pemeriksaan. Pemeriksaan ini berkaitan dengan jumlah awal kapal Lambelu yang sebenarnya.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Lebih lanjut ia menjelaskan, seluruh kru kapal dipastikan tetap berada di atas kapal setelah mengikuti proses pemeriksaan. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi, baik yang positif maupun negatif, tidak akan turun dari atas kapal.

"Kami telah menjelaskan, skenario mereka di atas kapal sudah diatur oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang punya otoritas di sana," jelasnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut Indonesia Bakal Umumkan Bebas Covid-19

Ia menambahkan, kondisi kru kapal hingga saat, dalam keadaan aman. Tim tetap menyiapkan semua opsi jika terjadi kemungkin yang terburuk di atas kapal.

"Skenario terburuk yang terjadi kita akan rujuk. Sedapat mungkin kita lihat perkembangannya,"tutupnya.*

Artikel Terkait
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Presiden Jokowi Sebut Indonesia Bakal Umumkan Bebas Covid-19
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas