INDONEWS.ID

  • Sabtu, 18/04/2020 10:01 WIB
  • Waspada ya! Penelitian Sebut Ternyata Virus Corona Bisa Menempel pada Sepatu

  • Oleh :
    • Rikardo
Waspada ya! Penelitian Sebut Ternyata Virus Corona Bisa Menempel pada Sepatu
Ilustrasi

Jakarta, INDONEWS.ID - Tidak berlebihan jika virus corona atau covid-19 dijuluki malaikat pencabut nyawa yang kasat mata. Untuk itu, kita harus harus berhati-hati dengan segala sesuatu yang merupakan sumber dari penularannya. Sebuah studi mengatakan salah satu barang yang wajib diwaspadai adalah sepatu.

Melansir dari situs CNBC News, penelitian yang dipublikasikan di Emerging Infectious Diseases Journal itu memulai pengujian lewat pengambilan sampel di Intensive Care Unit (ICU) dan kamar semua pasien positif COVID-19 di Huoshenshan Hospital, Wuhan,

Baca juga : Kementan Tegaskan Kalung Anti Virus Corona Bukan Vaksin

Sejak 19 Februari sampai 2 Maret, pengambilan swab pun dilakukan mulai dari lantai, tempat sampah, kasur pasien, alat pelindung diri, hingga sumber keluar masuk udara.

Adapun di ruang ICU, terdapat 15 pasien dengan gejala yang parah. Sedangkan di kamar biasa, ada sebanyak 24 pasien virus corona dengan gejala sedang. Dibuktikan, dari semua sampel di rumah sakit, lantai lah yang paling banyak menjadi sumber penyebaran segala kuman dan bakteri termasuk virus corona.

Baca juga : Update Corona 27 Juni, Kasus Positif 1.385, Pasien Sembuh Menjadi 21.909

“Hal ini didukung dengan gravitasi dan sirkulasi udara yang menyebabkan percikan virus terbanyak jatuh ke lantai,” kata pemimpin penelitian tersebut.

Adapun, sepatu menjadi alas kaki yang patut diwaspadai karena telah terbukti bisa membawa virus corona. “Menariknya, karena banyak petugas medis yang berjalan dengan alas kaki, COVID-19 pun bisa tersebar di seluruh lantai. Ini diindikasikan dengan adanya virus corona pada lantai ruang farmasi meski tidak ada seorang pasien pun di sana,” jelasnya.

Baca juga : Kabar Baik, 11 Provinsi Tidak Melaporkan Penambahan Kasus Positif Covid-19

Penelitian lantas dilanjutkan dengan mengecek sepatu para dokter, perawat, dan tenaga medis di rumah sakit. “Dari sol sepatu petugas kesehatan, semuanya mengandung virus corona yang bisa disimpulkan bahwa sepatu bisa menjadi pembawa penyakit ini juga sehingga sebagai saran, selalu beri disinfektan pada sepatu, khususnya bagi para tenaga medis agar tidak menjadi sumber penularan COVID-19,” katanya.*(Rikardo).

Artikel Terkait
Kementan Tegaskan Kalung Anti Virus Corona Bukan Vaksin
Update Corona 27 Juni, Kasus Positif 1.385, Pasien Sembuh Menjadi 21.909
Kabar Baik, 11 Provinsi Tidak Melaporkan Penambahan Kasus Positif Covid-19
Artikel Terkini
Penggunaan Masker, Kunci Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Udara di Ruang Tertutup
Tumbuhkan Kecintaan pada Pancasila, Kemendikbud Gelar Kemah Virtual Anak Indonesia
Terima Kunjugan Menpan-RB, Boy Rafli Amar Jelaskan Pembangunan Zona Integritas di BNPT
Resmi! Gerindra Benarkan Rekomendasi PDIP pada Muhammad-Rahayu Saraswati di Pilwakot Tangsel
Aksi Penangkapan Maria Lumowa dan Manuver Yasona Agar Tak Dicopot
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
gandalf