INDONEWS.ID

  • Selasa, 21/04/2020 10:01 WIB
  • Sri Mulyani Ajak Perempuan Indonesia Contohi Semangat Kartini Hadapi Corona

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Sri Mulyani Ajak Perempuan Indonesia Contohi Semangat Kartini Hadapi Corona
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak perempuan Indonesia untuk memperjuangkan dan peduli pada tenaga medik yang menjadi garda terdepan menghadapi Pandemi Corona atau Covid-19.

Ia mengungkapkan, satu abad lalu Kartini dipingit di rumah karena adat istiadat. Namun hal itu tidak menjadi penghalang baginya untuk memperjuangkan dan peduli akan nasib perempuan serta anak-anak untuk maju.

Baca juga : Terima Undangan dari MK, Sri Mulyani Akan Hadir dalam Sidang PHPU

"Ucapan terimakasih dan penghargaan tidak akan mampu menebus jasa besar mereka yang telah membaktikan dirinya untuk menolong dan menyelamatkan nasib sesama manusia," kata Sri Mulyani dalam rangka memperingingati perjuangan Raden Ajeng Kartini melalui akun Instagramnya @smindrawati yang diunggah pada Selasa, yang bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2020.

Lewat media sosial itu Sri Mulyani mengunggah dua video pendek. Dia mengatakan di garis depan para tenaga medik dokter, perawat, pekerja rumah sakit - memiliki tugas mulia menyelamatkan jiwa manusia dengan resiko jiwa raga mereka sendiri. Bahkan, para pekerja medik bekerja siang malam menghadapi ancaman Covid19.

Baca juga : PNM Raih 40 Penghargaan Bergengsi Berkat Konsistensi Berdayakan Perempuan Indonesia

"Kita dapat mencontoh semangat Kartini. Meski di rumah, you can always do good think for your family, your community and your country. Never try to find any excuses to do good things for others," ujar Sri Mulyani.

Dia menuturkan satu abad lalu Kartini sebagai perempuan, dipingit di rumah karena adat istiadat. Dinding rumah tidak menjadi penghalang bagi Kartini untuk memperjuangkan dan peduli akan nasib perempuan dan anak-anak untuk maju. Hari ini masyarakat Indonesia, kata dia, harus tinggal di rumah karena Corona.

Baca juga : Arah Kebijakan Pangan Indonesia Sejalan dengan ASEAN

Dia mengatakan pandemi Covid19 memberi kesempatan kepada semua untuk mampu menunjukkan kualitas kemanusiaan. Seperti Kartini, kata Sri Mulyani, keperempuanannya, pingitannya, dan berbagai halangan adat, sosial kultural tidak menjadi alasan untuk memajukan kaumnya, dan menjadi pahlawan bangsa dan pahlawan kemanusiaan.

Satu abad lebih, kata Sri Mulyani, warisan Kartini dalam bentuk kepedulian dan perikemanusiaan yang adil dan beradab tidak pernah musnah. Pemikirannya yang maju jauh melampaui waktu saat itu, abadi dan lekat dengan kita semua dari jaman ke jaman.

"Sang Pencipta menghendaki agar umat manusia selalu mampu dan mau berbuat kebaikan bagi sesama manusia dan bagi alam semesta. Sudahkah kita?" kata Sri Mulyani.

Artikel Terkait
Terima Undangan dari MK, Sri Mulyani Akan Hadir dalam Sidang PHPU
PNM Raih 40 Penghargaan Bergengsi Berkat Konsistensi Berdayakan Perempuan Indonesia
Arah Kebijakan Pangan Indonesia Sejalan dengan ASEAN
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Pj Bupati Maybrat Sidak SMK Negeri Ayamaru, Minta Pengelola Terapkan SOP Soal Pengunaan Fasilitas Laboratorium
Perjalanan Epik Menuju Rumah: Pengalaman Seru dari Ranca Buaya hingga Cibubur
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas