INDONEWS.ID

  • Selasa, 28/04/2020 11:30 WIB
  • Tak Peduli Corona, Proyek IKN Dilanjutkan, Luhut Incar Dana Pangeran Arab

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Tak Peduli Corona, Proyek IKN Dilanjutkan, Luhut Incar Dana Pangeran Arab
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto

Jakarta, INDONEWS.ID - Di tengah perjuangan Indonesia melawan Corona, pemerintah sepertinya  tetap akan merealisasikan proyek ambisius pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat  menghadiri rapat bersama dengan Komisi V DPR RI. Dalam rapat itu, Luhut menyinggung terkait skema kerja sama terkait pendanaan dari Uni Emirat Arab (UEA) yang akan tetap dijajaki.

Luhut mengatakan baru saja berkomunikasi dengan Menteri Energi UEA, Suhail Al Mazrouei, yang menyampaikan bahwa putra mahkota UEA Sheikh Mohammed Bin Zayed menanyakan kelanjutan pembangunan IKN.

"Saya malah baru ditelepon Menteri Suhail dari Abu Dhabi tiga hari lalu, dia menanyakan lagi. Dia bilang `Mr Luhut ini ibu kota baru bagaimana? Sovereign Wealth Fund kita jalan enggak gitu," ujar Luhut dalam rapat virtual, Selasa (21/4).

Sebelumnya, master plan ibu kota itu diketahui telah mencatatkan tender senilai Rp 85 miliar di LKPP. 

Luhut lantas memastikan rencana pemindahan ibu kota baru bakal tetap dilanjutkan. Sebab menurut dia, alternatif pendanaan harus tetap disiapkan lantaran dibutuhkan juga untuk pembangunan infrastruktur.

"Saya bilang jalan saja, karena Sovereign Wealth Fund itu bukan hanya untuk ibu kota saja, tapi untuk infrastruktur tempatnya Pak Basuki," ujar purnawirawan jenderal TNI itu.

Kendati begitu, Luhut juga menyatakan saat ini pemerintah masih berfokus untuk menangani dampak dari merebaknya COVID-19.

"Ya hanya saya bilang ke dia kami masih konsentrasi penuh ke covid-19, nah dia bilang `saya setuju tetapi kan kita harus berbicara`. Karena setelah COVID-19 ini akan terjadi nanti perubahan perubahan struktur bagaimana berbisnis nanti di dunia ini," pungkas Luhut.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menko Airlangga dan Dubes Lee Sang Deok Bahas Penguatan Kerja Sama Hingga Rencana Kunjungan Kerja ke Korea Selatan
PTPN IV Regional 4 Sebar 900 Paket Sembako di Sumbar dan Jambi
Pj Bupati Maybrat Lakukan Kunjungan ke SMPN 2 Aifat
Sari Ater Bangun Cable Car Perkuat Daya Tarik Wisatawan
PIS Dukung Pemerintah Indonesia Wujudkan Kemerdekaan Palestina
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas