INDONEWS.ID

  • Jum'at, 22/05/2020 15:30 WIB
  • BNPB Minta Dukungan Armada Gunner PMI Untuk Atasi Covid-19 di Provinsi Jawa Timur

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
BNPB Minta Dukungan Armada Gunner PMI Untuk Atasi Covid-19 di Provinsi Jawa Timur
Ketua PMI Jusuf Kalla dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala BNPB yang juga merupakan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjend Doni Monardo meminta dukungan armada mobil Gunner Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Permintaan itu karena  Jawa Timur saat ini mengalami kenaikan penderita covid-19 yang cukup signifikan. 

Permintaan tersebut disampaikan Doni saat mengunjungi Gudang Darurat Penanaganan Covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2020). 

Baca juga : Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik

“Strategi yang sudah dilakukan PMI dengan melakukan penyemprotan disinfektan sangat strategis, sangat membantu untuk memutus mata rantai penularan. Untuk itu setelah lebaran ini kami akan minta dukungan Palang Merah Indonesia untuk mengerahkan sebagaian armadanya (Gunner) ke Jawa Timur untuk memberikan penyiraman cairan disinfektan, sekaligus tentunya diharapkan bisa lebih efektif terutama di jalan jalan dan juga di areal publik termasuk rumah ibadah, atau di tempat yang pernah terjadi penularan” ujar Doni dalam kunjungan tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan PMI akan selalu siap siaga dengan fasilitas yang dimilikinya untuk membantu pemerintah memerangi wabah Covid-19. 

Baca juga : Kemenparekraf Gelar "KENAROK" Pertemukan Pelaku Ekraf dengan Industri Pariwisata di Jawa Timur

“Kita bekerja bersama, membantu pemerintah membantu masyarakat secara keseluruhan, karena ini perang total. Semua orang mempunyai tanggung jawab. Masyarakat tugasnya tinggal dan kerja di rumah, dan berusaha mencegah penularannya. Dan bagi yang mampu berbuat sesuatu harus berusaha memerangi virus ini secara bersama-sama. Karena itu PMI berkenan dengan fasilitas ada mencegah dampaknya mengurangi penularannya, mitigasi yang keras. Supaya seluruh Indonesia aman,” tegas Jusuf Kala.

Komite operasi pencegahan Covid-19, Husain Abdullah menjelaskan terkait teknis dukungan armada Gunner PMI ke Provinsi Jawa Timur, PMI akan mengirimkan 5 armada Gunner tambahan untuk memperkuat 2 armada yang sebelumnya telah beroperasi di Surabaya dan sekitarnya. 

Baca juga : Ketua TKN Rosan Roeslani Apresiasi Atas Dedikasi Relawan Koncokulo Gibran yang Memasang Spanduk dan Billboard di Jawa Timur

"PMI akan segera mengirim tambahan 5 unit Gunner untuk memperkuat 2 armada yang sebelumnya telah beroperasi di kota Surabaya dan sekitarnya.  Sehingga total Gunner yang beroperasi di Provinsi jawa timur menjadi 7 unit. Semoga  pengoperasian Gunner tersebut, dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya," terang Husain.

Untuk diketahui, Palang Merah Indonesia saat ini memiliki puluhan armada mobil Gunner dengan kapasitas 5000 liter yang dapat menyemprotkan cairan disinfektan secara massif.  Upaya penyemprotan dengan menggunakan mobil gunner dianggap sangat efektif untuk membunuh virus pada area publik yang ditengarai sebagai tempat belabuhnya virus, sehingga mata rantai penularan virus dapat diputus.*(Rikardo)

Artikel Terkait
Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik
Kemenparekraf Gelar "KENAROK" Pertemukan Pelaku Ekraf dengan Industri Pariwisata di Jawa Timur
Ketua TKN Rosan Roeslani Apresiasi Atas Dedikasi Relawan Koncokulo Gibran yang Memasang Spanduk dan Billboard di Jawa Timur
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas