INDONEWS.ID

  • Minggu, 24/05/2020 16:01 WIB
  • Lebaran Ditengah Pandemi di Negeri Para Nabi Yordania

  • Oleh :
    • luska
Lebaran Ditengah Pandemi di Negeri Para Nabi Yordania

Amman, INDONEWS.ID - Pandemi covid-19 yang melanda negeri para Nabi Yordania masih belum usai. Setelah satu bulan puasa Ramadhan, suasana kedaruratan dan keterbatasan tetap dilaksanakan, termasuk larangan keluar rumah. Karena itu, Pemerintah Yordania memutuskan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441H untuk dilaksanakan di rumah masing,-masing. 

Tak ayal suasana perayaan lebaran tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang penuh dengan kemeriahan, jabat tangan dan berpelukan, bahkan dengan acara makan-makan dan hiburan.

Baca juga : Mendagri Minta Pemerintah Daerah Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran

Namun di tengah “kenormalan baru”, lebaran tahun ini tetap dirayakan tanpa kehilangan maknanya. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, masyarakat tetap melaksanakan sholat Idul Fitri, baik secara berjamaah maupun pribadi, di rumah 
masing-masing. 

KBRI Amman bekerjasama dengan Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Yordania mengadakan acara “Khutbat Idul Fitri dan Halal bi Halal Online” bertema “Merangkai Kebersamaan di Hari Kemenangan”. 

Baca juga : Tradisi Kearifan Lokal dalam Perayaan Idulfitri Mampu Mendorong Moderasi Beragama

Acara silaturahmi virtual dalam rangka lebaran ini diikuti oleh wakil masyarakat diaspora Indonesia di Yordania yang tersebar di sejumlah kota, yaitu Amman, Irbid, Mu’tah dan Aqaba. Setelah mengikuti khutbah Idul Fitri, perwakilan dari simpul WNI yang terdiri dari pekerja migran, mahasiswa dan ekspatriat, menyampaikan ucapan saling memaafkan dan selamat Idul Fitri. 

Dubes RI Andy Rachmianto dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan sambutan singkat dan membacakan pantun berjudul “Lebaran Di Ruma Aja” sambil menyapa para WNI.

Baca juga : Mendagri: Halalbihalal Idulfitri 2024 Jadi Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid

“Di tengah pandemi dan “kenormalan baru”, meskipun melalui sarana virtual, masyarakat diaspora WNI masih dapat merayakan rangkaian Idul Fitri tahun ini tanpa kehilangan makna. Semoga ini menjadi ibadah bagi kita semua!,” tegas Dubes Andy. 

Selama bulan Ramadhan tahun ini, KBRI Amman bekerjasama dengan HPMI, PCINU, PCIM dan DWP telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan online, yaitu Pengajian Mingguan, Kuliah Ramadhan, Lomba Dakwah, Lomba MTQ, Seleksi Temus, Diskusi dan Webinar.

Di luar kegiatan online, sebagai bagian dari upaya pelayanan dan pelindungan WNI, KBRI Amman juga telah membagikan lebih dari 1300 paket bantuan medis, sembako dan juga BLT kepada para WNI yang terdampak oleh Covid-19.(Lka)

Artikel Terkait
Mendagri Minta Pemerintah Daerah Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran
Tradisi Kearifan Lokal dalam Perayaan Idulfitri Mampu Mendorong Moderasi Beragama
Mendagri: Halalbihalal Idulfitri 2024 Jadi Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas