INDONEWS.ID

  • Sabtu, 30/05/2020 09:01 WIB
  • Mendagri Tito: Lomba Inovasi Daerah untuk Menyambut New Normal Life

  • Oleh :
    • Mancik
Mendagri Tito: Lomba Inovasi Daerah untuk Menyambut New Normal Life
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.(Foto: Puspen Kemendagri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Pusat lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar lomba inovasi dengan tema, "Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19".

Lomba inovasi ini rencananya akan diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten atau kota.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Pada hari Jumat (29/05), bertempat di di Ruang Rapat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gedung A lantai 2 Kantor Kemendagri, digelar video conference yang dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pariwisata, Wishnutama.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan, saat ini, bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada krisis baru yaitu pandemi Covid-19.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19

"Pemerintah sudah membuat skenario-skenario untuk mengatasi ini. Bapak Menko Ekonomi sudah menyusun tahapan-tahapan bekerjasama dengan Gugus Tugas, Kemenkes, dan semua sektor, semua kementerian. Semua bidang bergerak untuk menyusun protokol-protokol agar kita aman dari Covid-19 tapi aktivitas tetap produktif. Sambil menunggu itu memang perlu tahapan-tahapan," kata Mendagri di Jakarta, Jumat, (29/5/2020)kemarin.

Tahapan yang paling penting, menurut Mendagri adalah tahapan prakondisi atau conditioning. Conditioning ini sangat penting agar semuanya dapat mengantisipasi dan siap menyongsong kehidupan baru.

Baca juga : Bagikan 409 Dokumen, Ditjen Dukcapil Kemendagri Gelar Jemput Bola di Festival Asmat Pokman ke-35

"Memang ada skenario untuk tatanan ini diterapkan dengan sistem zonasi termasuk zona yang hijau diantaranya ukuran dari R0, R1,misalnya. Kemudian kesiapan dari daerah, kesiapan kapasitas sistem kesehatan dan lain-lain. Jadi ada zonasi dan ada sektor yang nanti secara bertahap, tapi terlepas dari sektor dan zonasi itu kedepan saya kira semua daerah siap dengan tatanan yang aktif, produktif tapi aman Covid-19 ini," jelas Tito.

Berangkat dari kondisi itu, lanjut Mendagri, digagas lomba inovasi yang fokusnya adalah menyongsong tatanan normal baru tersebut. Diharapkan lewat lomba itu, daerah dapat membuat protokol sekaligus simulasi yang dapat dilihat dengan cara membuat video.

Ada 7 sektor yang akan dibuatkan videonya dalam lomba inovasi itu. Dan tiap daerah diharapkan membuat video di tujuh bidang atau sektor tersebut.

"Kita mengambil 7 bidang yang hampir ada di semua daerah, seperti pasar tradisional, pasar modern baik mall yang besar atau yang tidak punya mall, ada minimarket, restoran, hotel, kemudian PTSP yang ada pada semua daerah untuk memberikan pelayanan punlik terpadu satu pintu, kemudian tempat wisata dan juga transportasi umum, entah itu bis atau angkot atau mungkin di daerha kepulauan ada yang menggunakan fery. Nah ini ada 7 sektor yang kita harapkan daerah-daerah membuat simulasi dan protokolnya," ungkapnya.

Selain itu, ada 4 klaster wilayah yang diharapkan dapat berkompetisi. Jadi lewat lomba inovasi new normal life, Kemendagri ingin menciptakan iklim kompetitif untuk berkreasi dari pemerintah daerah, baik itu provinsi, kabupaten dan kota.

Terutama inovasi di 7 sektor yang dilombakan. Kabupaten atau kota di perbatasan juga, diharapkan ikut berpartisipasi. Dan, ada kriteria khusus untuk inovasi di wilayah perbatasan.

"Tim jurinya dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan," katanya.

Bagi yang menang, kata Mendagri akan diberikan reward atau penghargaan. Reward, selain piagam, piala juga ada insentif. Dirinya sebagai Mendagri, telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, untuk pemberian dana insentif.

"Sebetulnya ada beberapa bantuan keuangan daerah kedepan yang pertama tadi 5 triliun dalam rangka untuk membantu otonomi daerah, yang kedua itu ada cadangan alokasi khusus fisik non fisik yang diatur oleh Ibu Menkeu bersama-sama nantinya dapat arahan dari bapak Presiden. Kemudian yang 5 triliun ini diantranya Ibu Menkeu ini berbaik hati, yang 164 milyar dialokasikan untuk lomba inovasi tatanan baru daerah aman Covid-19 bagi daerah," ujarnya.

Kemudian, Mendagri mengungkapkan dana insentif yang akan didapat daerah yang memenangkan lomba. Untuk juara satu misalnya dalam kategori pasar tradisional, akan mendapat dana insentif sebesar 3 milyar. Sedangkan juara dua akan mendapatkan 2 milyar dan juara 3, mendapat 1 milyar.

" Nah, bisa saja satu daerah memenangkan dalam lomba inovasi kreativitass aman Covid-19 mislanya di bidang perhotelan sebesar sama 3 milyar, 2 milyar, atau 1 milyar jika jadi juara 1, 2 atau 3,"ujarnya.

Tidak lupa Mendagri juga menjelaskan kenapa tujuh sektor itu yang akan dilombakan. Kata dia, tujuh sektor ini di hampir semua daerah ada. Sementara untuk sektor pendidikan atau sekolah, nanti akan dikelola sendiri oleh Kementerian Pendidikan, karena memang terkait sekolah ini, masalahnya cukup kompleks dan luas.

"Kemudian yang kedua untuk bidang keagamaan juga disusun oleh Bapak Menag. Jadi kita fokus untuk gelombang pertama ini adalah mengenai tujuh sektor ini. Kemudian 3 sektor diantaranya berhubungan dengan wisata, yaitu tempat wisata, bagaimna membuat tempat wisata oleh daerah masing-masing itu aman dari Covid-19. Nah, protokolnya mesti disusun, kemudian ada lagi hotel, dan restoran yang juga ini memerlukan pedoman umum dan gambaran-gambaran umum tentang masalah kepariwisataan, " ujarnya.

Output lomba, kata Mendagri, dalam bentuk video yang bisa menggambarkan protokol kesehatan dijalankan. Misalnya bagaimana semua orang itu memakai masker. Lalu ada tempat cuci tangan, pembagian hand sanitizer atau sarung tangan untuk yang memberikan pelayanan. Dan seperti apa pengaturan dalam memastikan jaga jarak itu dipatuhi. Contohnya seperti pasar di Salatiga, dimana di sana ada pembagian blok dan garis yang jelas.

"Kreativitas dari rekan-rekam di daerah ini menjadi yang sangat penting. Bisa jadi model dan betul-betul aplikatif dan dapat ditiru oleh daerah lainnya. Pemenangnya nanti kita akan expose di media baik media konvesional tv dan lain-lain maupun media-media sosial, sambil memberikan pembelajaran bagi masyrakat kira-kira gambaran kehidupan baru itu seperti apa di bidang itu, karena sekarang masyarakat masih meraba-raba," katanya.

Mendagri juga mengungkapkan, jika Presiden Jokowi sempat mengungkapkan pemberian dana insentif bagi daerah yang mampu menurunkan indikator Covid-19 yaitu kurva angka positif yang menurun. Atau skala reproduksi penyebaran virus yang juga menurun. Kepala negara menyarankan ada lomba dengan kategori itu.

"Kemudian juga tingkat kematian atau vatalitasnya rendah. Nah ini akan disusun bersama Kemendagri dan Gugus Tugas, dan Ibu Menkeu menyampaikan juga siap memberikan alokasi anggran dari 5 triliun untuk daerah-daerah yang mampu menurunkan penyebaran Covid-19," tutupnya.*

 

Artikel Terkait
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Bagikan 409 Dokumen, Ditjen Dukcapil Kemendagri Gelar Jemput Bola di Festival Asmat Pokman ke-35
Artikel Terkini
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas