INDONEWS.ID

  • Minggu, 07/06/2020 23:10 WIB
  • Direktur Saksi TKN Jokowi-Amin, Lukman Eddy Jabat Wakil Komisaris Utama Hutama Karya

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Direktur Saksi TKN Jokowi-Amin, Lukman Eddy Jabat Wakil Komisaris Utama Hutama Karya
Mantan Sekjen PKB Lukman Eddy Jabat Wakil Komisaris Utama Hutama Karya (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali merombak jajaran direksi PT Hutama Karya (Persero) Setelah sebelumnya merombak jajaran direksi PT Adhi Karya (Persero) belum lama ini.

Erick mencopot Bintang Perbowo dari jabatan Direktur Utama Hutama Karya lalu digantikan oleh Budi Harto. Budi Harto sendiri merupakan mantan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sementara itu, nama yang dinilai santer terdengar adalah mantan Sekjen PKB Lukman Edy. Ia ditunjuk sebagai Komisaris PT Hutama Karya (Persero). Lukman, pada Pilpres 2019 lalu menjabat sebagai Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf.

Ketika dikonfirmasi, Lukman Edy membenarkan tentang jabatannya di BUMN pelat merah bidang konstruksi tersebut. Dia mengatakan, bukan orang baru di bidang konstruksi. Di Hutama Karya, Lukman dipercaya menjadi Wakil Komisaris Utama, merangkap Komisaris Independen.

"Iya, cukup lama saya menggeluti bidang itu sebelum terjun ke politik," kata Lukman saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (7/6).

Karir Lukman Edy

Lukman boleh dibilang baru di dunia BUMN karya. Sebelumnya pria kelahiran Riau ini lebih dikenal sebagai politisi.

Di ranah eksekutif, Lukman Edy pernah menjabat sebagai Menteri pada kepemimpinan SBY periode pertama, yakni di Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) tahun 2006-2009.

Di ranah legislatif, mantan Sekjend DPP PKB ini tercatat dua periode duduk di DPR RI yakni periode 2009-2014 dan 2014-2019. Sebelum ke Jakarta, ia sempat menjadi anggota DPRD Provinsi Riau periode 2004-2009.

Selama di DPR, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI sekaligus pernah menjadi Ketua Pansus RUU Pemilu yang menggawangi penyusunan UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Karirnya di dunia politik boleh dibilang cukup cemerlang, Jokowi juga mempercayakan Lukman menjadi Direktur Saksi di Tim Kemenangan Nasional (TKN) pada pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 yang lalu.
Selama aktif di TKN itu pula, pria yang dikenal dengan panggilan LE ini aktif menjadi juru bicara mewakili TKN.

Lukman Edy juga diketahui dibesarkan di dunia kekaryaan. Sebelum masuk ranah politik. Pria jebolan Teknik Sipil Universitas Brawijaya ini pernah menggeluti dunia konstruksi.

Dia pernah menjadi ketua GAPENSI Provinsi Riau, juga pernah menjabat sebagai Ketua KADIN, Ketua AKAINDO, dan Ketua LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas