INDONEWS.ID

  • Jum'at, 12/06/2020 09:01 WIB
  • Gelar Seminar soal Kasus George Floyd, FISIP UI Hadirkan Para Pakar Krimonologi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Gelar Seminar soal Kasus George Floyd, FISIP UI Hadirkan Para Pakar Krimonologi
Poster seminar FISIP UI hadirkan para pakar di antaranya Komisioner Komisi Polri Andrea H. Poeloengan SH, M.Hum., MTCP, Komjend pol (p) Drs Ahwil Luthan MSi, Dr. Mohammad Kemal Darmawan MSi dan

Jakarta, INDONEWS.ID - Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar seminar berseri Krimonologi Berbicara dengan tema "Kasus George Floyd dan Kepolisian: Jangan Sampai Terjadi di Indonesia".

Seminar seri ke-7 yang dilaksanakan pada Jum`at 12 Juni jam 19-21 malam nanti akan menghadirkan narasumber yang kredibel dan ahli di bidangnya.

Adapun para pakar tersebut yakni Komjend Pol (Purn) Drs. Ahwil Luthan MSi selaku mantan Irwansum Polri, Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Andrea H Poeloengan SH., MHum., MTCP serta Dosen Departemen Kriminolog FISIP UI Dr. Mohammad Kemal Darmawan MSi.

Profil Singkat Para Pakar

Komjend pol (p) Drs Ahwil Luthan MSi adalah Jendral Polisi senior yang sangat berpengalaman baik sebagai polisi yang lama di bidang Reserse maupun sebagai kepala BNN pertama RI.

Sehingga, Ahwil ahli di bidang penanggulangan Narkotika karena puluhan tahun bertugas di bidang pemberantasan Narkoba.

Selain itu, Ahwil juga merupakan seorang pendidik. Ia pernah menjadi gubernur PTIK di Sekolah Pendidikan Kedinasan di Kepolisian. Di samping itu, ia juga menjadi pengajar di berbagai perguruan tinggi ternama di Jakarta.

Terakhir beliau menjabat sebagai duta besar RI untuk Negara Mexiko merangkap Panama, Honduras dan Costa Rica.

Ahwil Luthan juga dikenal memiliki jejaring yang luas di luar negeri karena sering mengikuti training-training kepolisian di berbagai negara.

Kepemimpinan Ahwil selama di organisasi Polri dikenal sebagai sosok pekerja keras, disiplin, rajin, tegas dan bijaksana sehingga dapat diterima baik oleh sesama anggota polisi maupun masyarakat luas.

Dr. Mohammad Kemal Darmawan MSi

Sementara itu, pakar lain yang juga memiliki keahlian yang hebat adalah Dr. Mohammad Kemal Darmawan MSi. Dr. Mohammad adalah alumni FISIP UI angkatan 1978, seangkatan dengan Pemred Indonews.Id Asri Hadi.

Setelah lulus dari jurusan Kriminologi, Dr. Mohammad menjadi Dosen di FISIP UI sampai sekarang. Tenaga dan pemikirannya sangat dibutuhkan oleh berbagai lembaga atau instansi yang bergerak di bidang keamanan dan hukum di Indonesia.

Andrea H. Poeloengan SH, M.Hum., MTCP

Adapun Andrea H. Poeloengan SH, M.Hum., MTCP adalah salah satu anggota dari Komisioner Kompolnas. Pria kelahiran Bandung, 25 September 1971 itu merupakan lulusan dari S1 Hukum Universitas Brawijaya Malang tahun 1996.

Ia lalu melanjutkan studi magister hukumnya di Universitas Katolik Parahyangan tahun 1997 sampai 2003 dan mengambil S3-nya di Universitas of Wollongong, Australia jurusan Center For Transnational Crime Prevention tahun 2005-2006.

Sebelum menempati posisi sebagai Komisioner Kompolnas, ia pernah menjabat sebagai Pimpinan Redaksi (September 2006-April 2016), Media for Justice (d/h Tabloid Bogor) (September 2010-April 2016), F Magazine (Life Style Magazine) (September 2006-Desember 2010) dan Tenaga Ahli Anggota Komisi I DPR RI (A.328) pada Mei – November 2008.*(Rikard Djegadut).

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas