INDONEWS.ID

  • Kamis, 18/06/2020 13:25 WIB
  • JK : Kunci Melawan Corona Kecepatan Dalam Bertindak Dan Test Massal

  • Oleh :
    • luska
JK : Kunci Melawan Corona Kecepatan Dalam Bertindak Dan Test Massal

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan kecepatan dalam bertindak dan test massal adalah kunci untuk menang melawan Corona.

Menurut JK banyak negara yang gagal dalam menghadapi Corona karena terlalu memandang enteng wabah mematikan tersebut sehingga terlambat dalam mengambil tindakan.

Baca juga : PMI Ilegal Marak, Pengamat Ketenagakerjaan: Diduga Oknum di Kemnaker Ikut Ambil Untung

Selain itu test massal penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penularannya dan daerah mana yang menjadi episentrum penularan wabah. Hal tersebut disampaikan JK saat bertemu dengan para ketua dan Pengurus PMI se-Provinsi Sulawesi Selatan di Wisma Kalla, Makassar 18 Juni 2020. 

“ Untuk melawan Corona ini selalu berhubungan antara kecepatan dalam bertindak dan tes. Kecepatan itu kita bisa memperlambat penularan dan tes itu untuk kita tau berapa banyak, siapa, di mana dan dengan siapa dia telah berhubungan. Virus ini tidak mengenal negara maju atau pun negara miskin, bahkan negara maju yang paling banyak kena akibat memandang enteng lalu lambat dalam bertindak” ujar JK, dalam pertemuan yang dipandu langsung oleh ketua PMI Sul-Sel A. Adnan Purichta Ichsan.

Baca juga : Alasan Rencana GPMI Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 Batal

JK juga mengatakan bahwa virus Corona sangat cepat penularannya. Ia memberi contoh Indonesia yang dalam waktu 3 bulan sejak pertama kali dideteksi penambahan jumlah penderita Indonesia bertambah 1000 setiap harinya dan akan bisa bertambah banyak apabila tidak ada tindakan yang lebih konkrit. 

“Yang kena sekarang 1000 orang per hari, artinya setiap test ada 8 persen orang terdeteksi positif dan jumlah itu akan bisa terus bertambah kalau tidak ada tindakan yang lebih keras lagi” tegas JK

Baca juga : Presiden Minta Pengusaha Harus Mampu Hadirkan Sentra Ekonomi Baru

Pada pertemuan yang dihadiri  oleh ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI, ketua PMI Kota Maros, Chaidir Syam,  Kasdam Hasannuddin, Brigjen Andi Muhammad, Pengurus Pusat PMI, Hamid Awaluddin dan M Fachir. Serta sejumlah pengurus PMI Sul-Sel lainnya di antaranya Ilham Arif Sirajuddin, Letjen TNI (Pur) Gerhan Lantara dan beberapa tokoh Sul-Sel lainnya. PMI juga melakukan penandatanganan kesepahaman kerja sama dengan Kalla Group untuk mengatasi Covid-19 di Sul-Sel. (Lka)

Artikel Terkait
PMI Ilegal Marak, Pengamat Ketenagakerjaan: Diduga Oknum di Kemnaker Ikut Ambil Untung
Alasan Rencana GPMI Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 Batal
Presiden Minta Pengusaha Harus Mampu Hadirkan Sentra Ekonomi Baru
Artikel Terkini
PJ Bupati Maybrat Pantau Proyek Pembangunan Dua Jembatan Strategis di Kampung Aisa
PJ Bupati Maybrat Berdialog dengan Warga Kampung Aisa, Motivasi Pemulihan dan Peningkatan Infrastruktur
PJ Bupati Maybrat Tinjau Perkembangan Pemulihan Kampung Aisa
Kemendagri Imbau Pemprov Maluku Gali Potensi Lokal Guna Wujudkan Pembangunan Berbasis Inovasi
Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas