INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/06/2020 11:01 WIB
  • Kabar Duka! Mantan Ketum PGI Pdt Sularso Sopater Tutup Usia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kabar Duka! Mantan Ketum PGI Pdt Sularso Sopater Tutup Usia
Mantan Ketum PGI 1987-2001 Pdt Sularso Sopater Tutup Usia

Jakarta - INDONEWS.ID - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) 1987-2001 Pdt. Sularso Sopater meninggal dunia sore tadi, Jum'at (26/6/2020)

"Telah meninggal dunia Pdt Dr Sularso Sopater, Ketua Umum PGI pada 1987-2001. Meninggal sore tadi pukul 18.47 karena gagal ginjal dan gangguan jantung," kata Ketua PGI Pdt Gomar Gultom dalam keterangannya, Jumat (26/6/2020).

Pdt Dr Solarso Sopater merupakan Ketua Umum PGI pada 1987-2001. Awalnya beliau terpilih secara mendadak karena menggantikan Pdt Dr SAE Nababan yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Ephorus HKBP.

Pdt Sularso lahir di Yogyakarta, 9 Mei 1934. Pdt Sularso juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada tahun 1993 hingga 2003.

"Beliau juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (DPA RI) periode 1993-2003 dan anggota MPR RI pada 1987," ujarnya.

Pdt Sularso yang meraih gelar Master Teologi di Michigan, AS itu juga pernah menjabat sebagai Rektor STT Jakarta. Pdt Sularso meninggalkan 3 anak dan 6 cucu.

Pdt Gomar mengenang Pdt Sularso sebagai sosok yang kebapakan. Pdt Sularso juga dikenal sebagai sosok yang tak banyak bicara tetapi banyak berkarya.

"Saya menilai beliau sebagai seorang pemimpin yang kebapakan. Beliau menghargai setiap orang sebagai pribadi yang utuh, tidak sungkan untuk menyapa terlebih dahulu, dan selalu siap untuk menolong. Tidak banyak bicara tapi banyak berkarya. Itu sebabnya beliau dijuluki sebagai Nabi Bisu," ujar Pdt Gomar.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas