INDONEWS.ID

  • Selasa, 30/06/2020 19:01 WIB
  • Riau Kembali Dilanda Karhutla, Satgas Lakukan Pemadaman dan Pendinginan

  • Oleh :
    • Mancik
Riau Kembali Dilanda Karhutla, Satgas Lakukan Pemadaman dan Pendinginan
Satgas melakukan upaya pemadaman dan pendinginan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Riau.(Foto:Dokumen BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tim Satuan Tugas Darat Kebakaran Hutan dan Lahan Kota Dumai melakukan pemadaman dan pendinginan di lahan gambut pada Senin lalu (29/6). Luas lahan terbakar mencapai 3 hektar yang berlokasi di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Riau.

Tim Satuan Tugas (Satgas) Darat mengidentifikasi vegetasi terbakar berupa semak belukar, akasia dan sawit. Mereka mendapatkan dukungan udara melalui pengeboman air.

Baca juga : Banjir Merendam Kabupaten Kepahiang, Provisi Bengkulu

Upaya yang dilakukan selain memadamkan titik api dan titik panas atau hotspot, juga pendinginan lahan bekas terbakar. Tim satgas yang terdiri dari BPBD Kota Dumai, TNI, Polri, aparat kecamatan dan desa serta dunia usaha memanfaatkan air pada kanal untuk pemadaman.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan pengeboman air dengan helikopter jenis Sikorsky untuk wilayah Riau dan Sumatera Selatan. Pada Senin (29/6), helikopter melakukan pengeboman air di wilayah Muara Enim, Ogan Komering dan Ogan Ilir di Sumatera Selatan.

Baca juga : Banjir di Distrik Sentani Merendam 111 Rumah Warga

Berdasarkan analisis per 29 Juni 2020 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi kemudahan terjadinya kebakaran dari ditinjau dari parameter cuaca, wilayah Riau pada kategori mudah terbakar, sedangkan Sumatera Selatan mudah dan tidak mudah terbakar.

Sedangkan melihat prakiraan curah hujan, wilayah tersebut memiliki curah hujan kategori menengah.

Baca juga : Banjir Rendam 150 Rumah di Kabupaten Teluk Bintuni

Kondisi ini menuntut kewaspadaan semua pihak untuk melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dana lahan di wilayah yang langganan terjadi, seperti di Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.*

Artikel Terkait
Banjir Merendam Kabupaten Kepahiang, Provisi Bengkulu
Banjir di Distrik Sentani Merendam 111 Rumah Warga
Banjir Rendam 150 Rumah di Kabupaten Teluk Bintuni
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas