INDONEWS.ID

  • Jum'at, 17/07/2020 16:30 WIB
  • Integrasi Data Jamin Profesionalisme Peran Perguruan Tinggi di Politeknik STIA LAN Jakarta

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Integrasi Data Jamin Profesionalisme Peran Perguruan Tinggi di Politeknik STIA LAN Jakarta
Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Saat ini, keberadaan data merupakan sebuah aset dan inventaris vital, yang menjadi dasar utama untuk pengambilan keputusan manajemen. Namun sayangnya, di banyak instansi pemerintah maupun swasta, data masih belum terkelola dengan baik, karena kurang profesional dalam penyimpanan, standarisasi, hingga kewenangan pembuatan dan publikasi data.

Politeknik STIA LAN Jakarta sebagai sebuah Perguruan Tinggi (PT) di bawah Lembaga Administrasi Negara berusaha untuk merespons bottleneck berkaitan dengan data tersebut dengan membuat sebuah Sistem Portal Satu Data atau yang disebut dengan Sista.

Sista memungkinkan seluruh data yang ada di Politeknik STIA LAN Jakarta disimpan secara bersama-sama di dalam sebuah portal, dengan standar yang telah ditentukan sebelumnya.

Setiap pegawai dan dosen diwajibkan untuk meng-update data kepegawaiannya masing-masing, begitu pula Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, juga harus melaporkan data penting terkait akademik seperti jumlah mahasiswa aktif, data dosen tetap, dan dosen tidak tetap yang mengajar berikut nama mata kuliahnya per semester.

Menurut Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Nurliah Nurdin, MA, SISTA dibuat untuk kemudahan lalu-lintas data. 

“Dengan adanya SISTA, dapat diminimalisir perbedaan data maupun tumpang tindih data antara satu untuk dengan unit lainnya," kata Nurliah dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Indonews.id, Jum'at (17/7/20).

Prof Nurliah juga mengatakan bahwa dalam SISTA memiliki berbagai level user, seperti super-admin, admin, dan user biasa seperti dosen dan tenaga kependidikan (tendik). 

Adanya pembagian level kewenangan akses SISTA ini dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan data dan kewenangan pengolahan pada berbagai tingkat manajemen.

“Dengan adanya SISTA, mudah untuk menarik data-data yang dibutuhkan untuk kepentingan verifikasi dan otentikasi sistem penjaminan mutu, baik internal maupun eksternal seperti akreditasi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT," pungkas Nurliah.

Pembangunan SISTA mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Administrasi Negara. 

Di sela-sela kegiatan yang sangat padat di LAN, pada hari Kamis, 16 Juli kemarin, pimpinan LAN memberikan testimoni dukungan di antaranya Kepala LAN Bapak Dr. Adi Suryanto, M.Si (Kepala LAN), Ibu Dra. Reni Suzana, MPPM (Sekretaris Utama LAN), Bapak Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA (Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara), Kepala Bidang Data Statistik, Pusat Data, Ismayanti,DFM,DEA, serta Direktur Politeknik STIA LAN  Bandung (Dr. Joni Dawud, DEA) dan Politeknik STIA LAN Makassar (Prof. Dr. Amir Imbaruddin, MDA, PhD) serta para dosen pengguna SISTA telah memberi dukungan terhadap pembangunan SISTA dengan harapan SISTA ini bisa mendongkrak akreditasi Lembaga dari BAN PT karena kemudahan digitaliasi data yang sudah terintegrasi dalam 9 kriteria, juga dapat dijadikan contoh bagi lembaga pendidikan lain di Indonesia.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas