INDONEWS.ID

  • Senin, 20/07/2020 16:59 WIB
  • Jokowi Tunjuk Budi Sadikin Jadi Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jokowi Tunjuk Budi Sadikin Jadi Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi
Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi resmi membentuk Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19. Tim ini untuk membantu memulihkan ekonomi Indonesia di tengah pandemi corona.

Nantinya, Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19 ini akan membawahi dua gugus tugas, yaitu Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19.
Pernyataan ini disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin (20/7).

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

"Di dalam PP tersebut, Presiden memberi tugas kepada komite kebijakan, dibuat satu tim untuk mengendalikan terkait penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi," ujar Airlangga di lokasi.

Selain Airlangga ada pula Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers tersebut.

Baca juga : Selamat! Wamen BUMN Pahala Mansury Jadi Wamenlu RI

Jokowi juga menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19. Sehingga, Erick akan membawahi Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi.

"Pelaksana tugasnya, diberi tugas kepada Menteri BUMN Pak Erick sebagai yang koordinasikan, Ketua Satgas Perekonomian, Ketua Satgas COVID-19 tetap Pak Doni, dan Satgas Perekonomian Pak Wamen Budi Gunadi Sadikin," ujar Airlangga.

Baca juga : UU Kesehatan Jadi Lompatan Drastis di Bidang Kesehatan

Airlangga menjelaskan alasan pembentukan Gugus Tugas ini. Menurut Airlangga, Jokowi berharap Gugus Tugas dapat mempercepat pemulihan ekonomi tanpa proses birokrasi yang berkepanjangan.

"Pak Presiden memberi penugasan agar tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan COVID dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan. Dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal," ujar Airlangga.

Dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Airlangga, tim ini akan dikoordinasikan oleh Airlangga selaku Menko Perekonomian. Airlangga akan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Tim dengan menteri-menteri terkait.

Misalnya, Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD. Ada pula Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkeu Sri Mulyani, Mendagri Tito Karnavian, beserta Menkes Terawan Agus Putranto.

"Pak Presiden beri penugasan kepada Menko Perekonomian, koordinasikan tim kebijakan dengan wakil ketua Pak Menko Marves, Menkopolhukam, Menko PMK, Menkeu, Mendagri dan dilengkapi Menkes," jelas dia.

Artikel Terkait
KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
Selamat! Wamen BUMN Pahala Mansury Jadi Wamenlu RI
UU Kesehatan Jadi Lompatan Drastis di Bidang Kesehatan
Artikel Terkini
Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil
Mendagri: Halalbihalal Idulfitri 2024 Jadi Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid
J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet
PJ Bupati Maybrat Pantau Proyek Pembangunan Dua Jembatan Strategis di Kampung Aisa
PJ Bupati Maybrat Berdialog dengan Warga Kampung Aisa, Motivasi Pemulihan dan Peningkatan Infrastruktur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas