INDONEWS.ID

  • Jum'at, 14/08/2020 23:58 WIB
  • Jokowi Apresiasi Langkah DPD Dorong Daya Saing Daerah hingga Protokol Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
Jokowi Apresiasi Langkah DPD Dorong Daya Saing Daerah hingga Protokol Covid-19
Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma`ruf Amin dan Pimpinan Lembaga Negara hadir sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Kompleks Parlemen, Senayan,Jakarta.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap langkah cepat yang dilakukan oleh DPD terhadap sejumlah masalah di daerah di antaranya soal daya saing daerah serta penerapan protokol kesehatan. Upaya yang dilakukan oleh para senator merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam rangka menjaga keseimbangan ekonomi di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih, atas dukungan dan kerja cepat, dari Pimpinan dan Anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extra ordinary dalam mendukung penanganan krisis dan membajak momentum krisis untuk menjalankan strategi-strategi besar bangsa.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

"Respon cepat juga dilakukan oleh DPD, terhadap permasalahan mendesak yang dihadapi daerah, mulai dari pemberdayaan BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan dengan menyiapkan 9 RUU usul inisiatif DPD dan beberapa agenda lain sesuai bidang tugas DPD,” kata Jokowi dalam pidato sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020)

Jokowi pun berharap, ke depan akan masih banyak langkah-langkah besar yang harus diakukan. Mengingat, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan membutuhkan sinergi antara lembaga negara negara untuk menyelesaikan wabah berikut dampaknya.

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

"Masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan se-abad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan. Menjadikan Indonesia setara dengan negara-negara maju,” harapnya.

Pilihan kata ‘Respon Cepat’ tampaknya memang tepat disematkan kepada lembaga negara tempat para Senator bersidang itu. Mengingat sejumlah masalah di daerah, setahun belakangan ini terus masuk ke DPD RI dalam bentuk aduan dan aspirasi. Mulai dari persoalan di Kabupaten/Kota hingga Provinsi dan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat di daerah.

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia

"Kita tentu berterima kasih, Pak Jokowi melihat dengan jernih apa yang sudah dilakukan oleh 136 Senator di DPD RI, yang bekerja untuk daerah di 34 provinsi. Memang sudah tekad kita dari awal, platform kerja kita dalam bidang pengawasan adalah menerima aspirasi dan membawa temuan di daerah ke pusat, agar mendapat jalan keluar atau solusi dari eksekutif,” urai Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sidang bersama DPR dan DPD kali ini, selain LaNyalla, hadir secara fisik para wakil ketua DPD RI, yakni, Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan Baktiar Najamudin. Selain itu hadir pula Fadel Muhammad, wakil ketua MPR dari unsur DPD. Sementara para Senator yang hadir terdiri dari para ketua Alat Kelengkapan DPD dan masing-masing satu Senator dari 34 provinsi.*

 

 

 

Artikel Terkait
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas