INDONEWS.ID

  • Sabtu, 10/10/2020 14:30 WIB
  • Pemprov Jawa Barat Tingkatkan Penanganan Covid-19 Daerah Penyangga Ibu Kota Jakarta

  • Oleh :
    • Mancik
Pemprov Jawa Barat Tingkatkan Penanganan Covid-19 Daerah Penyangga Ibu Kota Jakarta
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pengendalian Covid-19 di Jawa Barat cukup penting terhadap kontribusi kasus secara nasional. Pentingnya upaya penanganan Covid-19 wilayah Jabar karena merupakan daerah penyangga  ibu kota Jakarta.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam dalam dialog dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa mengatakan, pihaknya sempat berkantor di Kota Depok. Hal ini dilakukan dalam rangka memantau langsung pencegahan Covid-19 di daerah penyangga Ibu Kota Jakarta.

Baca juga : Dukung Sistem Penyediaan Air Minum di DKI Jakarta, Mendagri Tanda Tangani Nota Kesepakatan

"Kenapa (berkantor) di Depok, karena 75% kasus Jawa Barat itu datangnya dari zona Bodebek. Kedua, Depok lagi pilkada. Saya ingin memastikan, saya bisa konsentrasi mengurusi 75% (kasus) itu, sambil memastikan pilkada lancar," kata Ridwan Kamil yang disiarkan langsung Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat, (9/10/2020).

Penanganan Covid-19 di Jawa Barat katanya terbagi dalam tipe tiga geografis. Karena tiap tipe geografis membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Geografis pertama adalah daerah-daerah yang menempel langsung Jakarta atau Bodebek, yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga : Ketua SPN DKI Jakarta: Kami Berjuang Demi Buruh dan Anak Cucu

Geografis kedua ialah ibukota Provinsi Jawa Barat yakni Kota Bandung dan sekitarnya atau disebut Bandung Raya. Geografis ketiga sisanya sebanyak 27 kabupaten/kota yang tidak masuk geografis pertama dan kedua. Dari ketiga geografis itu, Ridwan Kamil mengaku memberi perhatian lebih di Depok.

Karena tingkat hunian rumah sakit di Depok cukup tinggi. Sehingga hasil konsolidasi dengan Pemerintah Pusat berhasil menambah 40 ruang ICU untuk Kota Depok. Keberadaannya di Kota Depok menurut Ridwan Kamil, guna memudahkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat.

Baca juga : Berdayakan Relawan Komunitas, Tim Relawan Gugus Tugas Beri Bantuan untuk Relawan MTB Jawa Barat

"Hari ini Covid-19 tidak bisa dikendalikan hanya dengan modal handphone, telepon atau video conference saja, memang ada hal teknis di lapangan. Seperti saat saya turun ke lapangan untuk memonitor langsung perkembangan penanganan Covid-19," ujarnya.

Ia menyadari, untuk berhasil memerangi Covid-19 tidak hanya upaya pemerintah saja. Melainkan ada peran masyarakat, minim dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. "Saya ibaratkan Covid-19 itu perang, kalau kita perang siapa yang harus turun? Ya semua orang," jelas Ridwan.

Dengan perumpaan demikian, ia menekankan, pemerintah telah berupaya menekan pertambahan kasus baru. Sementara masyarakat tidak harus turun berperang fisik, melainkan dengan cara bisa menyumbang donasi, menyumbangkan APD atau menyumbangkan masker untuk yang membutuhkan.

"Sisanya ada yang bisa jadi relawan kan. Bagi yang tidak membela negara dengan harta, ilmu dan tenaganya, bela negaranya jangan jadi korban (Covid-19). Caranya jauhi kerumunan, terus terapkan 3M," pesannya.

Saat ini yang penting katanya baik pemerintah dan masyarakat harus tetap optimis membangun harapan dalam situasi di masa pandemi ini.

Masyarakat diminta tidak terpengaruh berita hoaks yang memberi informasi menyesatkan tentang vaksin. Masyarakat diminta jangan cepat mengambil kesimpulan dan antipati terhadap vaksin Covid-19.*

 

Artikel Terkait
Dukung Sistem Penyediaan Air Minum di DKI Jakarta, Mendagri Tanda Tangani Nota Kesepakatan
Ketua SPN DKI Jakarta: Kami Berjuang Demi Buruh dan Anak Cucu
Berdayakan Relawan Komunitas, Tim Relawan Gugus Tugas Beri Bantuan untuk Relawan MTB Jawa Barat
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas