INDONEWS.ID

  • Jum'at, 30/10/2020 15:28 WIB
  • Pemda Tanahdatar Berikan Penghargaan kepada 31 Orang Peserta Terbaik Tahfidz

  • Oleh :
    • luska
Pemda Tanahdatar Berikan Penghargaan kepada 31 Orang Peserta Terbaik Tahfidz

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Program wakaf 1000 tahfiz edisi ke V dan buah komitmen kepemimpinan Alhmarhum Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma di bidang keagamaan terus dilanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada 31 orang peserta tahfidz terbaik.

Pemberian penghargaan dilaksanakan secara sederhana  dan  dihadiri  Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Forkopimda, Rektor IAIN Batusangkar,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua Baznas Tanah Datar, Kemenag Tanah Datar dan Istri Almarhum Bupati Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah di Gedung PKK Kabupaten Tanahdatar.

Baca juga : Pemda Tanahdatar dapat Predikat WTP ke 8 kalinya

Sementara itu PJS Bupati Tanahdatar diwakili Asisten Setda Suharmen menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah ikut melaksanakan kegiatan Program Tahfidz dalam upaya  , pengembangan, pembelajaran pendidikan Al Qur’an di Tanah Datar khususnya bidang Hifzil Qur’an dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan.

“Usaha peningkatan yang dilakukan Pemkab Tanah Datar adalah dengan melakukan pembinaan terhadap rumah tahfizh Al Qur’an. Dan hasilnya pagi ini ada 31 orang hafizh dan hafizhah terbaik dari 1.129 orang peserta yang lulus seleksi tahun 2020 ini,” .

Karena itu,  atas nama Pemkab Tanah Datar ia menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi terhadap prestasi yang telah dicapai hafizh terbaik hari ini.

“Tentunya, cita-cita untuk menjadikan Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten Tahfizh semakin berjalan baik, karena tahun ini yang merupakan tahun ke V, kita telah lahirkan hafizh dan hafizhah. Insya Allah dan mari kita berdoa, program ini tetap berlanjut dan Pandemi Covid 19 berlalu di bumi Allah SWT ini.

Sebelumnya, Kabag Kesra H. Afrizon selaku leading sektor kegiatan ini menyampaikan, tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berat dan luar biasa bagi terselenggaranya Waqaf 1000 Hafizh ini.

“Pandemi Covid-19 telah menyebabkan dana untuk kegiatan ini direfocusing, namun karena keinginan yang kuat dari rumah-rumah tahfizh ditambah dukungan donatur dan pihak lainnya, Alhamdulillah, pelaksanaan Waqaf 1,000 Hafizh ini telah mampu melahirkan 1.000 lagi lulusannya, 
Adapun peserta yang lulus tahun ini, tambah Afrizon, untuk kategori hafizh 1-2 Juz usia 12 Tahun ada 936 orang. “Untuk kategori hafizh 1-2 juz usia 12 tahun kita laksanakan 2 tahap, tahap pertama diikuti 1.642 peserta yang lulus baru 727 orang, karena itu ditambah tahap kedua dengan jumlah peserta 576 orang dan lulus 209 orang. Sementara untuk kategori 3 juz ada 122 orang, 4 juz 26 orang, 5 juz 43 orang, 10 juz 1 orang dan 20 juz juga 1 orang dengan jumlah totalnya 193 orang,”.

Kemudian Afrizon juga menyampaikan permintaan maafnya karena reward terhadap para hafizh dan hafizhah terbaik tidak sama seperti tahun sebelumnya.

“Tahun ini tidak ada hadiah umrah dan studi banding International, namun ada voucher umrah sebesar Rp.77,5 juta masing-masing Rp. 2,5 juta peserta terbaik dari donatur yang bisa digunakan ketika nanti ibadah umrah sudah diperbolehkan, kemudian sertifikat, trophy, uang pembinaan, mushaf alquran bagi peserta dan orang tua serta merchandise dari donatur.

Namun tentu diharapkan hal ini tidak mengurangi semangat dan motivasi kita, karena masa depan kehidupan khususnya pendidikan sekolah sampai perguruan tinggi memberikan kemudahan bagi ananda yang hafizh Al Qur’an ini,” 

Sementara peserta terbaik untuk tingkat Kabupaten kategori SD diraih ASILAH NURHIZA dari Kecamatan Pariangan dengan hafalan 10 Juz, kategori SLTP RESTI ZAHRA ILLAHI dari Kecamatan Lima Kaum dengan hafalan 9,5 Juz dan kategori SLTA/UMUM diraih MUHAMMAD INSAN ASSHIDIQUE dari Kecamatan Rambatan dengan hafalan 20 Juz.

Sementara itu terbaik masing-masing kecamatan masing masing Kecamatan Rambatan, Putra adalah MUHAMMAD AZZAM AL-HANIF,Putrinya adalah NASHEHA AZ-ZAHRA, Kecamatan Batipuh Selatan, Putra adalah KEYHAN AMALO, Putrinya adalah MARYAM MARDHIAGUSTY, Kecamatan Lima Kaum, Putra adalah MUHAMMAD FAHIM, Putrinya adalah AINY HALIFAH EFENTRY.

Kemudian  Kecamatan Pariangan, Putra adalah IBNU FADHLI, Putrinya adalah HAURA SALSABILA AZHARI,  Kecamatan Tanjung Emas Putra adalah AZANUL FAJRI RAMADHAN, Putrinya adalah KEYZA ZAHRA ALMAHYRA, Kecamatan Padang Ganting Putra adalah RICHAR AL HABIB, Putrinya adalah AQELA ALTAFUNNISA, Kecamatan Kecamatan Lintau Buo Utara Putra adalah MUHAMMAD SAID, Putrinya adalah SITI ZAHRA, 

Kecamatan Lintau Buo Putra adalah HASBI QOLBU, Putrinya adalah KEYLA MAHARANI,  Kecamatan Sungai Tarab Putra adalah FIQRI ALHAMDI, Putrinya adalah FATHIMAH AZ-ZAHRA, Kecamatan Sungayang Putra adalah AKBAR PUTRA WARDANA, putri adalah ZAFINA RILEN NAMIYAH,  Kecamatan Salimpaung Putra adalah WILDAN KHAIRAN HADIM, putrinya adalah GHAISANI NAZIRA ONSI.

Kecamatan Tanjung Baru Putra adalah ALDI SAPUTRA, putrinya adalah NABILA WIHELMINA, . Kecamatan X KOTO Putra adalah MUHAMMAD AKRAM ISMAIL, Putrinya adalah SITI ZULFA FADILA dan Kecamatan Batipuh Batipuh Putra adalah FADHLAN AZIZ, Putrinya adalah NUR`AINI (m.Datuk)

Artikel Terkait
Pemda Tanahdatar dapat Predikat WTP ke 8 kalinya
Artikel Terkini
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Sekjen FAMARA: Tangkap Provokator Penyerangan Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong
Mahasiswa Katolik Tangsel Dianiaya, Astra Tandang Harap Semua Pihak Tidak Terprovokasi
Pj Bupati Maybrat Hadiri Musrenbangnas 2024
Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas