INDONEWS.ID

  • Rabu, 11/11/2020 07:01 WIB
  • Wiku Adisasmito Minta Lima Provinsi Ini Jangan Lengah Tangani Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
Wiku Adisasmito Minta Lima Provinsi Ini Jangan Lengah Tangani Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Satgas nasional Covid-19 terus melaporkan perkembangan pandemi di Indonesia. Terkini, penanganan Covid-19 di tanah mengalami perkembangan yang cukup baik.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, memberikan apresiasi terhadap beberapa provinsi yang berhasil keluar dari 5 besar dengan kenaikan kasus tertinggi. Meskipun, terdapat beberapa daerah yang belum mampu keluar dari kondisi yang ada.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19

"Jangan sampai yang terlihat tren penurunan kasus yang semu. Karena tren penurunan kasus minggu lalu ternyata diakibatkan testing (pemeriksaan) yang juga menurun. Hal ini jadi pembelajaran kita semua terlepas ada masa libur. Dan daerah harus menggencarkan 3T (testing, tracing dan treatment)," kata Wiku dalam keterangan pers dilakukan secara virtual, Jakarta, Selasa,(10/11/2020) kemarin.

Adapun lima provinsi yang berhasil keluar dari kenaikan kasus tertinggi yakni Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DIY, Papua Barat dan Papua.

Baca juga : Satgas Minta Kepala Daerah Perketat Pengawasan Pelaksanaan Prokes

Bersamaan dengan itu, Wiku meminta kepada lima provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, untuk tidak lengah dalam penanganan Covid-19. Permintaan tersebut ia sampaikan karena terjadi kenaikan kasus harian Covid-19.

Adapun kenaikan kasus di beberapa provinsi tersebut yakni Jawa Tengah naik 919, Jawa Barat naik 833, DKI Jakarta naik 410, Kalimantan Timur naik 207 dan Kalimantan Barat naik 199.

Baca juga : Satgas Ingatkan Pentingnya Prokes Bagi Jemaah Haji yang Pulang

"Kenaikan (pekan ini) terpusat pada pulau Jawa dan pulau Kalimantan. Dimohon 5 provinsi ini untuk jangan lengah, kami melihat tren 5 besar bahwa 5 besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi, masih konsisten pada 10 provinsi pekan ini dan sebelumnya. Tidak ada perubahan secara signifikan," jelas Wiku.

Lebih lanjut Wiku menjelaskan, angka kesembuhan secara nasional terus bertambah setiap harinya, namun jumlah kesembuhan pekan ini mengalami perlambatan sebesar 6,7% dari pekan sebelumnya.

"Sudah 3 Minggu berturut-turut kasus sembuh mengalami penurunan, dan minggu inilah terjadi perlambatan paling besar. Ini adalah kondisi yang memprihatinkan," ungkapnya.

Ia menegaskan, jumlah kesembuhan harus dijaga dan terus bertambah. Pihaknya sudah mendorong seluruh provinsi untuk mencontoh agar terus meningkatkan angka kesembuhannya.

Pada pekan ini, Wiku menyebut, ada 5 provinsi kenaikan kesembuhan tertinggi. Diantaranya Aceh naik 1.018, Jawa Tengah naik 229, Nusa Tenggara Barat naik 145, Kepulauan Riau naik 134 dan Papua naik 129.

Untuk daerah dengan persentase kesembuhan tertinggi pekan berada di Gorontalo (94,32%), Bali (91,66%), Kalimantan Selatan (90,89%), DKI Jakarta (90,79%) dan Sulawesi Selatan (90,07%).

"Untuk pertama kalinya DKI Jakarta masuk dalam 5 besar provinsi dengan persentase kesembuhan yang tinggi. Kami mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terus meningkatkan layanan kesehatan sehingga angka kesembuhannya meningkat," jelas Wiku.

Kepada provinsi-provinsi lainnya, Wiku berpesan, terus berlomba-lomba meningkatkan angka kesembuhannya.Jika membutuhkan bantuan dapat menghubungi pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.*

 

 

Artikel Terkait
Pemerintah Apresiasi Kerja Sama Seluruh Komponen Bangsa dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Satgas Minta Kepala Daerah Perketat Pengawasan Pelaksanaan Prokes
Satgas Ingatkan Pentingnya Prokes Bagi Jemaah Haji yang Pulang
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas