INDONEWS.ID

  • Jum'at, 13/11/2020 21:15 WIB
  • Kabar Duka! Mayjen Putra Astaman Pencetus "Samsat" Meninggal Dunia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kabar Duka! Mayjen Putra Astaman Pencetus "Samsat" Meninggal Dunia
Mayor Jenderal Polisi (Purn) I Gusti Made Putra Astaman meninggal dunia pada Jum`at (13/11/20).

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar duka datang dari keluarga besar Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (BERSAMA). Pasalnya, sang Ketua Umum, Mayor Jenderal Polisi (Purn) I Gusti Made Putra Astaman meninggal dunia pada Jum`at (13/11/20).

"Kabar Duka untuk Bapak kita Bapak Mayjen Pol (P) Drs. Putera Astaman, meninggal dunia pukul 19.00 di IGD RS. Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Mohon doa untuk beliau," demikian bunyi pesan yang beredar di kalangan keluarga, para sahabat dan kenalan seperti dikutip media ini pada Jum`at (13/11) malam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, almarhum Mayjen Astaman meninggal dunia di Rumah Sakit Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan di usianya yang ke-82.

"Jenazah almarhum akan dibawa ke rumah duka jalan Durian 12, Jagakarsa, Jakarta Selatan (sebelah Pelataran)," tambah pesan tersebut.

Pemred Redaksi Indonews.id yang juga merupakan Wakil Sekjend organisasi BERSAMA, Drs. Asri Hadi, MA turut mengkonfirmasi kabar duka tersebut. Ia pun mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian sosok yang terkenal akan kegigihannya memberantas persoalan narkoba di Indonesia.

"Saya sangat berduka karena lebih dari 25 tahun bersama almarhum bergerak memerangi masalah penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. Bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya yang konsisten aktif dalam perang terhadap penyalahgunaan Narkoba di Indonesia," ungkap Asri Hadi kepada Indonews.id.

Siapa Putra Astaman

LAHIR sebagai "anak kolong" (ayahnya seorang polisi, I Gusti Ketut Mas, terakhir berpangkat Letnan Satu dan bertugas di Singaraja, Polda Nusra), Astaman mengaku lingkungan sekitarnya mempengaruhi perjalanan hidupnya sebagai polisi.

Bagi Putera Astaman kelahiran Denpasar 10 Juni 1938 ini, angka dua rupanya menjadi angka keramat. Selama 34 tahun perjalanannya sebagai polisi, ada jabatan-jabatan tertentu yang dialaminya dua kali. Menjadi Wakil Kapolda, Astaman mengalaminya dua kali, Wakapolda Sumbagsel (1983-84) dan Wakapolda Jateng (1984-85).

Jabatan Direktur di Mabes Polri juga dua kali, yaitu Direktur Pendidikan (1985-86) dan Direktur Bimbingan Masyarakat (1988-89). Jabatan Kapolda pun dua kali, yakni Kapolda Sulselra (1986-88) dan Kapolda Sumbagsel (1989-91). Sampai akhirnya Putera Astaman menjadi "orang nomor dua" di Mabes Polri sebagai Deputi Kapolri bidang Operasi (1991-93).

Pada akhir perjalanannya sebagai polisi, Putera Astaman menerima penghargaan Bintang Kebesaran Malaysia berupa Bintang Johan Mangku Negara (JMN) dari Yang Dipertuan Agung Sultan Azlan Muhibbuddin Shah di Istana Negara Kuala Lumpur.

Ini merupakan penghargaan tertinggi yang pernah diterima perwira tinggi Polri selama ini. Bersama Kolonel (Pol) Moerdiono Dharmo, Kasubdit Polisi Perairan Polri, Astaman menerima Bintang Kebesaran Malaysia itu pada 28 September 1993 silam.

Sejak menjabat Wakil Asisten Operasi Kapolri (jabatan ini sekarang sudah dihapus) tahun 1984 hingga menjadi Deputi bidang Operasi, Astaman dinilai banyak berperanan meningkatkan hubungan Polri dengan PDRM (Polis Di Raja Malaysia). Hubungannya dengan Tun Sri Mohammed Haniff (mantan Kepala Polisi Malaysia) sampai saat ini pun masih kental, meski tidak melalui jalur formal.

SELAIN mencetuskan konsep Samsat, Putera Astaman juga penggagas dan pelaksana "daerah bebas becak" di DKI Jakarta. Tahun 1971, saat menjabat Kepala Bagian Operasi Ditlantas Polda Metro Jaya, Astaman dibantu pihak-pihak terkait, melakukannya secara bertahap dengan beberapa rayon.

"Inilah yang paling mengesankan saya. Berperan sebagai pencetus ide, sekaligus pelaksananya. Itu kebahagiaan yang sukar dilukiskan," katanya.

Saat menjabat Kaditlantas Polda Metro Jaya (1973-1978), Putera Astaman memperkenalkan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sekaligus memassalkannya. Waktu itu Astaman berpendapat, polisi tak bisa selamanya nongkrong terus-menerus di sekolah, untuk mencegah perkelahian pelajar.

Karena itu para siswa perlu dilatih secara swakarsa mengamankan lingkungan sekitarnya. Jika setiap sekolah memiliki 30 orang siswa yang berdisiplin tinggi dan memiliki visi kamtibmas ke depan, maka setidaknya mereka harus dapat mempengaruhi teman-teman lainnya. Konsep PKS ini ternyata merambah ke daerah- daerah lainnya. Bahkan di Jakarta sendiri, PKS berkembang dan didukung oleh Pemda DKI Jakarta.

Ketika menjabat Direktur Bimmas Polri (1988-89), Putera Astaman-lah yang pertama kali memprakarsai apel besar satpam. Setiap tanggal 30 Desember, satpam memperingati hari ultah korpsnya dengan semarak. Astaman melihat pentingnya peranan satpam untuk membantu tugas-tugas Polri.

MESKIPUN sudah pensiun dari dinas Polri sejak pertengahan tahun 1992 silam, Mayjen Polisi I Gusti Made Putera Astaman --terakhir menjabat Deputi Kapolri bidang Operasi-- ini masih memperlihatkan gairah hidup yang tinggi. Stamina tubuhnya pun masih kuat. Ini karena pengaruh Orhiba (olah raga hidup baru) yang ditekuninya sejak tahun 1987 ketika masih menjabat Kapolda Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra) di Ujungpandang.

Setelah memasuki masa pensiunnya, Putera Astaman yang telah menerima Bintang Bhayangkara Pratama dari Presiden RI ini, sempat diusulkan menjabat Irjen di Depsos dan Deparpostel, juga pernah dicalonkan sebagai Gubernur Bali, walau akhirnya mentok.

Putera Astaman yang hingga kini masih aktif sebagai Ketua Umum Lemkari, anggota Dewan Pembina Peruman Wulaka Pariwisada Hindu Dharma Pusat dan Ketua Bidang Sosial Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman, sebenarnya termasuk putra terbaik Polri.

Gagasan dan pemikirannya masih segar. Banyak sudah gagasan yang diajukan dan dilaksanakannya selama 34 tahun perjalanannya menjadi polisi. Bahkan beberapa di antaranya masih dipakai dan digunakan oleh Polri sampai sekarang.

Dari kantor barunya di gedung PT Djajanti Group di bilangan Jakarta Pusat, Putera Astaman yang menjabat salah seorang direktur perusahaan yang berperan dalam pembangunan kawasan Indonesia Timur ini kelihatan masih enerjik. Olah raga golf dan tenis tetap menjadi bagian hidupnya.

Terakhir, Putra Astaman menjabat sebagai Ketua Umum organisasi Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (BERSAMA). Lagi-lagi dua kali ia menjabat posisi ini yakni pada Periode 1994-1998 dan tahun 2016-2020.

Profil Singkat:

Nama: Mayor Jenderal Polisi (Purn) I Gusti Made Putra Astaman
Tempat Tanggal Lahir: Bali, 10 Juni 1938.
DanSatlantas Polda Metro Jaya 1977-1978
Kapolda Sulawesi Selatan dan Tenggara pada 1986-1988
Kapolda Sumatra Bagian Selatan 1988-1991
Deputi Operasi Kapolri 1991-1993
Ketua Umum Pengurus Besar Lembaga Karateka Indonesia PB LEMKARI 1991-1994
Ketua Umum organisasi BERSAMA Periode 1994-1998 dan tahun 2016-2020
Ketua umum DPP PEBABRI Periode 2002-2007.*(Rikard Djegadut)

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas