INDONEWS.ID

  • Selasa, 17/11/2020 18:15 WIB
  • Kodiklat TNI Panen Padi Dalam Polybag

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kodiklat TNI Panen Padi Dalam Polybag
Komandan Kodiklat TNI, Mayor Jenderal TNI Dr. Sudirman, S.H., M.H., M.M bersama Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS IX Kodiklat TNI

Serpong, INDONEWS.ID - Komandan Kodiklat TNI, Mayor Jenderal TNI Dr. Sudirman, S.H., M.H., M.M. menggelar panen padi dalam polybag (PDP) yang dilaksanakan di lahan ketahanan pangan Kodiklat TNI Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (17/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pejabat jajaran Kodiklat TNI serta Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS IX Kodiklat TNI.

Kodiklat TNI telah menginisiasi penanaman padi dalam polibag selama 4 bulan berlalu. Sekarang sudah saatnya memetik hasil dan panen dari hasil jerih payahnya. Pola penanaman PDP di Kodiklat TNI ini bisa jadi metode yg baru pertama kali dilakukan di lingkungan TNI.

Percobaan yang dilakukan ini dapat membuahkan hasil yang bagus. Bahwa dalam 1 polibag saja, dari 1 biji bibit padi bisa tumbuh 300 - 500 gram gabah. Bisa dibayangkan jika dalam 1 hektar sawah ada 30.000 - 35.000 polibag. Para petani bisa memanen minimal 9 ton padi yang jauh diatas rata rata para petani saat ini lakukan.

Menurut Dankodiklat TNI, Mayjen Sudirman keuntungan lainnya adalah bahwa penanganan padi dengan metode ini adalah sangat mudah, selain tidak membutuhkan lahan yang luas dan berair. Padi ini bisa ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Khususnya bagi para prajurit (Kodiklat TNI) yang tidak punya lahan, bisa menanamnya di halaman sempit rumah dinasnya.

“Pengalaman ini adalah hal yg bagus, jika kita mau menerapkannya, kita berarti sudah ikut secara langsung mendukung program ketahanan pangan pemerintah, yg selama ini sedang di galakkan. Bisa pula dikembangkan untuk komoditas komoditas lainnya, yg tentu akan membantu menaikkan ekonomi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan prajurit," tambah Mayjen Sudirman

Mayjen Sudirman berharap semoga bisa mendorong kita semua untuk ikut mensosialisasikan program ini kepada rekan-rekan dan saudara-saudara di luar Kodiklat TNI.

"Syukur syukur bisa menggugah kedinasan lain untuk ikut peduli sebagaimana yg dilakukan di Kodiklat TNI. Yakinilah bahwa ini adalah suatu perubahan kebaikan menuju kondisi yg lebih baik. Mari kita berbuat, agar senantiasa mendapat berkat. Semangat kita semua bisa jadi lentera merintis dan menebar kebaikan ke mana mana,"*

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas