INDONEWS.ID

  • Kamis, 17/12/2020 17:59 WIB
  • Selamat! Mantan KSAU,Chappy Hakim Luncurkan Tiga Buku Baru

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Selamat! Mantan KSAU,Chappy Hakim Luncurkan Tiga Buku Baru
Pemimpin Redaksi Indonews.id Asri Hadi bersama Mantan KSAU, Chappy Hakim (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Marsekal TNI (Purn), Chappy Hakim meluncurkan tiga buku barunya yang bertema musik, kepemimpinan hingga dirgantara.

Peluncuran tiga buku tersebut sangatlah istimewa karena dilaksanakan tepat pada hari ulang tahun Chappy Hakim, pada Kamis (17/12).

Baca juga : Masa Depan Pertahanan Telah Memasuki Era Cyber World

Tiga buku yang diluncurkan oleh KSAU periode 2002-2005 itu adalah Defence & Aviation, The Playsets, dan Airforce Leadership.

Peluncuran dan Bincang Buku Pendiri Indonesian Center for Air Power Studies ini digelar secara virtual oleh Penerbit Buku Kompas. Cara ini dilaksanakan sebagai bagian dari strategi penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Sambut HUT ke-76, Marsekal Chappy Hakim Kembali Luncuran Buku "Jaga Angkasa" dan "Jaga Nusa Bangsa"

Acara tersebut juga diisi dengan diskusi antara Chappy Hakim, Rektor Universitas Media Nusantara Dr. Ninok Leksono, dan musisi Addie MS. Diskusi pun dimoderatori oleh jurnalis sekaligus pengamat musik Bens Leo.

Dalam pemaparannya, Chappy Hakim mengatakan mengenai tiga buku yang diluncurkannya ini dilakukan saat dirinya pensiun. Dirinya mengaku, masa pensiun adalah garis awal dirinya berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Baca juga : Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia Serahkan Buku ke Museum Jenderal TNI Soesilo Soedarman di Cilacap

"Maka Saya putuskan, begitu pensiun, saya akan berbagi. Mundur sedikit, ketika saya diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, saya tahu bahwa jabatan itu bisa bikin orang mabuk," kata Chappy Hakim.

"Apa yang saya bagi adalah pengetahuan yang saya miliki dan pengalaman yang saya jalani,"

Ia mengaku tulisan-tulisan yang ada dalam bukunya diambil dari berbagai seminar dan pelatikan serta workshop yang diberikan.

"Selain itu, tulisan ini juga berangkat dari kekecewaan bahwa kedirgantaraan itu masih kurang diminati. Karena kurang diminati, maka kurang diketahui, karena kruang diketahui, banyak hal-hal yang dikerjakan orang di bidang kedirgantaraan itu keliru," ungkap Chappy.

Padahal, tambah Chappy, kedirgantaraan adalah power future, masa depan umat manusia. Negara-negara maju sekarang, lanjutnya, sudah berlomba di outer space.

Musisi dan composer ternama, Adhie MS dalam kesempatan itu mengatakan melihat karya-karya Pak Chappy, tidak bisa terlepas dari sosoknya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara periode 2002-2005.

"Pertama kali Saya mengenal Pak Chappy, beliau adalah sosok yang sangat berwibawa, kharismatik, humanis dan sangat berintegritas,"

Chappy Hakim lanjutnya, piawai memainian air diplimasi, sebuah gaya dan kekuatan diplomasi yang mengutamakan peran komunikasi dan musik.

"Saya yakin dalam meniti karir itu, ada unsur diplomasinya. Ketika dia sudah di posisi puncak, dia memenangkan kepentingan bangsa, dengan menggunakan kekuatan air diplimasi,"

Dihubungi terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi,MA menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Bapak Chappy Hakim yang hari ini ulang tahun bertepatan dengan peluncuran ketiga bukunya.

"Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada bapak Chappy Hakim yang hari ini merayakan ulang tahun. Semoga bapak tambah sukses sehat sejahtera," ungkap Asri Hadi kepada indonews.id, pada Kamis (17/12) sore.*(Rikard Djegadut).

 

 

Artikel Terkait
Masa Depan Pertahanan Telah Memasuki Era Cyber World
Sambut HUT ke-76, Marsekal Chappy Hakim Kembali Luncuran Buku "Jaga Angkasa" dan "Jaga Nusa Bangsa"
Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia Serahkan Buku ke Museum Jenderal TNI Soesilo Soedarman di Cilacap
Artikel Terkini
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas