INDONEWS.ID

  • Selasa, 22/12/2020 18:50 WIB
  • Selamat! Jokowi Tunjuk Budi G. Sadikin Jadi Menteri Kesehatan Gantikan Terawan

  • Oleh :
    • Mancik
Selamat! Jokowi Tunjuk Budi G. Sadikin Jadi Menteri Kesehatan Gantikan Terawan
Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan yang baru, menggantikan Terawan Agus Putranto.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wacana perubahan susunan Kabinet Indonesia Maju selama beberapa pekan terakhir kini terang benderang hari ini. Presiden Jokowi secara langsung mengumumkan beberapa nama yang akan mengisi jabatan menteri yang sedang kosong maupun mengganti beberapa kursi menteri yang ada.

Presiden Jokowi mengumumkan beberapa menteri baru yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Perdagangan M.lutfi. Menurut presiden, keenam menteri baru tersebut akan segera dilantik. Adapun rencana pelantikan dilaksanakan pada tanggal 23 Desemeber 2020.

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Pemimpin Umum Indonews.id, Rio Sarwono menyambut baik keputusan Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan yang baru. Pergantian tersebut, menurutnya, sangat penting dan mendesak dalam rangka mengawal kerja-kerja pemerintah, terutama penanganan pandemi yang masih berlangsung di Indonesia.

"Selamat kepada Bapak Budi Sadikin telah ditunjuk Presiden Jokowi menjadi menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Maju. Semoga amanah dan sukses selalu dalam menjalankan amanat yang telah dipercayakan oleh Bapak Presiden," kata Rio Sarwono di Jakarta, Selasa (21/12/2020)

Baca juga : UU Kesehatan Jadi Lompatan Drastis di Bidang Kesehatan

Ia menegaskan, kendati Budi Gunadi Sadikin baru pertama kali menyentuh bidang kesehatan, pengalamannya dalam memimpin tidak diragukan lagi. Rio Sarwono berharap, dengan pengalaman yang ada, Menkes yang baru dapat menjalankan tugas dan tanggugjawab sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia.

Riwayat Singkat Menkes Baru Budi Gunadi Sadikin

Budin Gunadi Sadikin meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988. Sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute (2004).

Baca juga : Menkes Budi Sebut Indonesia Punya 50 Alat Pendeteksi Varian Baru Covid-19

Budi sempat menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang (1988–1994), General Manager Electronic Banking - Chief GM Jakarta - Chief GM HR PT Bank Bali Tbk (1994–1999), dan Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999–2004).

Menteri Kesehatan baru yang telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi ini juga pernah menjabat Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004–2006), Direktur of Micro and Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk (2006–2013), Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013–2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016–2017).*

 

Artikel Terkait
KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
UU Kesehatan Jadi Lompatan Drastis di Bidang Kesehatan
Menkes Budi Sebut Indonesia Punya 50 Alat Pendeteksi Varian Baru Covid-19
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas