INDONEWS.ID

  • Rabu, 23/12/2020 20:30 WIB
  • Kado Akhir Tahun! Chappy Hakim Rilis Buku "Air Force Leadership"

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kado Akhir Tahun! Chappy Hakim Rilis Buku "Air Force Leadership"
Pemimpin Redaksi Indonews.id Asri Hadi bersama Mantan KSAU, Chappy Hakim (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) periode 2002-2005, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim meluncurkan buku barunya berjudul "Air Force Leadership" di Jakarta pada Rabu (23/12/20)

Sebelumnya, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-73, penulis meluncurkan dua buku barunya bertajuk "Defence & Aviation" dan "The Playsets" belum lama ini.

Peluncuran dan bedah buku karya Pendiri Indonesian Center for Air Power Studies ini digelar secara virtual oleh Penerbit Buku Kompas. Cara ini dilaksanakan sebagai bagian dari strategi penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Selain penulis sendiri, hadir dalam acara ini antara lain KSAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai keynote speaker serta Danseskaau, Marsekal TNI Samsul Rizal, Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan, Romie Oktavianus Bura Beng sebagai penanggap dan Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Budiansyah sebagai moderator serta Frisca Clarissa sebagai host.

Dalam pemaparannya, Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan penulis (Chappy Hakim-Red) merupakan sosok yang inspiratif bagi para anggota angkatan udara.

"Chappy Hakim merupakan sosok yang sangat mengispirasi banyak orang, khususnya bagi kami, adik-adik beliau, dalam meneruskan tugas pengabdian TNI Angkatan Udara yang telah diamanahkan kepada kami,"ungkap Fadjar.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, tidak hanya bagi bangsa Indonesia namun juga dunia. Hal ini seiring dengan merebaknya pandemi covid-19 yang melanda dunia.

"Wabah covid-19 telah mengubah berbagai sendi kehidupan dan telah menjadi ancaman nyata yang menimbulkan jutaan korban jiwa, hilangnya lapangan pekerjaan serta menempatkan sejumlah negara pada jurang resesi ekonomi," terangnya.

Di sisi lain, tambah Fadjar, merebaknya pandemi covid-19 ternyata tidak serta-merta membuat lingkungan dan kawasan strategis regional dan global menjadi terkendali, namun justru membuat semakin bergejolak.

"Maka untuk menghadapi situasi seperti yang dihadapi saat ini, kita membutuhkan kepemimpinan yang tangguh untuk dapat beradaptasi di tengah badai cobaan yang sangat kompleks dan dinamis ini," pungkasnya.

Seiring dengan semakin menipisnya resources yang tersedia, tentu kita tidak menyerah segenap pimpinan dan personil angkatan udara, telah memberikan upaya terbaik melalui koordinasi, konsolidasi, penetapan kegiatan prioritas, pengarahan dan pengawasan serta berbagai inovasi protokol di era kebiasaan baru.

"Segenap pimpinan dan seluruh personel TNI Angkatan Udara, senantiasa memberikan upaya terbaol dalam menjaga kedaulatan negara di udara, meski berada di tengah pandemi," ungkap Alumni SMA 3 Teladan Jakarta itu.

Buku "Air Force Leadership" menguraikan tentang leadership dalam format yang populer, ringan, sederhana, dan ringkas, agar dapat dimengerti dengan mudah.

Sebagai purnawira AURI, penulis ingin berbagi dan mengajak berefleksi soal penerapan kepemimpinan dalam jajaran Angkatan Udara—secara khusus—dan di bidang aviasi pada umumnya, bahkan bagi siapa saja yang berminat dalam bidang leadership.

Sementara itu, penulis buku Air Force Leadership, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim mengaku apa yang ditulisnya dalam buku ini hanyalah sebagian kecil soal leadership yang sangat luas.

"Leadership itu merupakan suatu hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Jadi kalau kita ingin memahami leadership itu, maka kita harus memulainya dari mana," urainya.

Chappy Hakim mengaku buku ini ditulis dengan contoh konkret dari pengalaman dan pengamatannya. Ia berharap buku ini bermanfaat bagi personel Angkatan Udara—secara khusus—serta siapa saja yang memiliki minat dalam bidang kepemimpinan, terutama dalam bidang kedirgantaraan dan penerbangan.

Lebih lanjut, Chappy Hakim menjelaskan, dunia saat ini menghadapi masa pandemi covid-19. Akibatnya hal yang biasanya dilakukan manusia, dibatasi. Untuk menghadapi itu, ia menambahkan, kita perlu leader.

"Sekali lagi leader adalah diciptakan melalui proses yang panjang. Proses yang antara lain adalah belajar. Mari kita belajar bersama-sama tentang kepemimpinan" jelasnya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA mengucapkan selamat atas peluncuran buku "Air Force Leadership". Semoga buku ini bermanfaat bagi dunia kerdirgantaraan.

Tak lupa, Asri Hadi, yang merupakan Alumni SMA 3 Teladan Jakarta, juga menyampaikan ucapan selamat kepada Marsekal TNI Fadjar Prasetyo atas jabatan barunya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara ke-23.

"Selamat kepada Marsekal TNI Fadjar Prasetyo atas jabatan barunya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara ke-23. Ini merupakan kebanggaan bagi segenap alumni SMA 3 Jakarta," ungkap Asri Hadi, Rabu (23/12/20).*(Rikard Djegadut)

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Nanik Yuliati, Pensiunan Guru Senang Bersama Mekaar Usahanya Berkembang
Soal Laka BUS PO Putera Fajar, Komisioner Kompolnal: Biar Tak Terulang Lagi, Utamakan Pencegahan dari Hulu ke Hilir
LPER Mendapat Penghargaan Terkait Ketahanan Pangan Dari Kepala KODIM Kota Bekasi
Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas