INDONEWS.ID

  • Senin, 11/01/2021 17:50 WIB
  • BOCORAN! Mantan Ajudan Jokowi, Lystio Sigit Prabowo Calon Kuat Kapolri

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
BOCORAN! Mantan Ajudan Jokowi, Lystio Sigit Prabowo Calon Kuat Kapolri
Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut-sebut sudah mengantongi nama beberapa calon Kapolri yang bakal menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Beredar kabar, surat resmi dari Presiden perihal calon Kapolri akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR, pada Senin (11/1/2021) ini.

Informasi yang berkembang di internal DPR, ada dua nama calon kuat Kapolri. Keduanya adalah Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar dan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ia pernah mengawal Jokowi sejak 2014 hingga 2016. Usai menjadi ajudan presiden, karier Sigit terus naik dengan menjadi Kepala Kepolisian Daerah Banten dan Kadiv Propam.

Berdasarkan sumber MNC Portal di DPR yang enggan disebutkan namanya, surat resmi dari Presiden Jokowi terkait pencalonan Kapolri akan dibacakan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III DPR Tahun 2020-2021, hari ini.

Saat dikonfirmasi perihal kabar tersebut, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengaku belum melihat surat tersebut.

"Belum terima (surat pencalonan Kapolri dari Presiden)," ujar Azis mengutip MNC Portal, Minggu (10/1/2021).

Berdasarkan surat resmi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, Rapat Paripurna DPR akan diselenggarakan Senin (11/1) ini pukul 10.30 WIB. Agendanya yakni pidato Ketua DPR dalam rangka Pembukaan Masa Sidang III Tahun 2020-2021. Lalu dilanjutkan dengan pelantikkan anggota pengganti antarwaktu (PAW) DPR RI.

Adapun pembacaan surat-surat yang masuk ke DPR, Setjen memang tidak menjadwalkan khusus. Pimpinan DPR akan membacakan surat yang masuk di awal pembukaan Rapat Paripurna sebagai bagian dari pengumuman.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan telah mengirimkan nama lima calon Kapolri usulan Kompolnas. Mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Boy Rafly Amar, Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas