INDONEWS.ID

  • Senin, 18/01/2021 14:30 WIB
  • TNI AL Terjunkan 91 Personel dan Peralatan SAR di Kalimantan Selatan

  • Oleh :
    • luska
TNI AL Terjunkan 91 Personel dan Peralatan SAR di Kalimantan Selatan

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka membantu evakuasi korban dan distribusi bantuan sosial  untuk para korban banjir  di Provinsi Kalimantan Selatan, TNI Angkatan Laut menerjunkan sebanyak 91 personel dengan peralatan SAR banjir  lengkap mulai perahu karet, motor tempel dan peralatan selam.

Personel TNI AL tersebar  dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) Banjir mulai dari yang berada Bawah  Kendali Operasi (BKO)  Mabes TNI dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin. Rencanannya hari ini Senin (18/1) Satgas Banjir Lanal Banjarmasin  akan menuju lokasi sasaran  Kelurahan Sungai Tabuk Kabupaten  Tanah Laut dan Desa Keramat Martapura Kabupaten  Banjar.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Kegiatan  yang akan dikerjakan  dilokasi banjir yakni,  wilayah sungai Tabuk  membantu warga secara bergiliran pengamanan wilayah yang rumahnya kosong tergenang banjir untuk menghindari pencurian oleh orang tidak dikenal, membantu pendistribusian makan siang dan malam bagi pengungsi maupun yang masih bertahan di rumah, memonitor situasi bahan kontak makanan di posko pengungsian dan mengevakuasi warga yang terisolir atau terjebak di dalam rumah. 

Sementara itu, untuk wilayah Astambun, Kabupaten  Martapura di sekitar area jembatan yang  putus melaksanakan evakuasi warga yang terjebak dan pendistribusian bahan makanan dari posko ke warga yang masih bertahan di rumah. Personel yang akan dikerahkan sebanyak 17 personel yang terdiri dari anggota Lanal Banjarmsin sebanyak  8 orang,   Kopaska Koarmada dan  Dislambair Koarmada II sebanyak 9  orang.  Peralatan SAR  yang digunakan yakni,  4 buah perahu karet  dan 4 buah motor tempel,   dayung dan  sebuah truk untuk mobilitas. Selain itu setiap personel dilengkapi perlengkapan perorangan yang terdiri dari sepatu boat, life jacket, sarung tangan, masker dan APD. (Lka)

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

 

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas