INDONEWS.ID

  • Kamis, 21/01/2021 23:01 WIB
  • TNI AL Terjunkan Ratusan Personel ke Daerah Bencana di Mamuju

  • Oleh :
    • luska
TNI AL Terjunkan Ratusan Personel ke Daerah Bencana di Mamuju

Jakarta, INDONEWS.ID - TNI Angkatan Laut (TNI AL) hingga hari keenam pasca terjadinya gempa bumi yang meluluhlantakkan Provinsi Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Majene dan Mamuju, telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Search and Rescue (SAR) dan menerjunkan ratusan  prajuritnya ke daerah bencana untuk melaksanakan misi kemanusiaan dalam membantu para korban, Rabu (20/1) Kemarin.

Satgas SAR TNI AL yang berjumlah 439 personel terdiri dari Satgas Laut   yang membawahi Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Soeharso-990, KRI Teluk Ende-517, KRI Tongkol-813, KRI Pandrong-801 dan akan menyusul KRI Teluk Cirebon-543 dan KRI Oswald Siahaan-354 disamping juga terdapat 2 helikopter yang onboard di KRI dr. Soeharso-990 yang digunakan untuk keperluan medis dan pendistribusian logistik ke daerah-daerah terisolir.  

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Sementara Satgas Darat terdiri dari prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar, Detasemen Markas Lantamal VI Makassar dan juga prajurit dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Mamuju.

Para prajurit TNI AL menembus segala medan untuk dapat mendistribusikan  bahan logistik di daerah-daerah terisolir melalui jalur laut dan udara karena keterbatasan akses darat. Sementara itu, di berbagai lokasi lainnya Satgas SAR TNI AL bersama-sama dengan warga masyarakat melaksanakan pembersihan material longsor yang menghalangi jalan.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., telah memerintahkan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., untuk mengelar seluruh kekuatan personel dan Alutsista di Mamuju dalam melaksanakan misi operasi kemanusiaan agar kehadiran prajurit TNI AL dimanapun dapat memberikan dampak yang positif di masyarakat. (Lka)

 

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas