INDONEWS.ID

  • Jum'at, 22/01/2021 17:01 WIB
  • Gedung Perpustakaan Umum Daerah Tanah Datar Diresmikan secara Virtual

  • Oleh :
    • luska
Gedung Perpustakaan Umum Daerah Tanah Datar Diresmikan secara Virtual

Tanah Datar, INDONEWS.ID --- Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamad Syarif resmikan Gedung Perpustakaan umum Daerah secara virtual.

Peresmian juga dihadiri bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar Wardarusmen, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Erizal Ramli, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan daerah tetangga, Kepala OPD di Lingkungan Tanah Datar, dan undangan lainnya 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Dalam sambutanya  Muhammad  Syarif menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas keberhasilan Pemkab Tanah Datar yang telah membangun gedung perpustakaan yang megah dan representatif.

“Gedung ini menjadi bukti dukungan Pemkab Tanah Datar terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk membaca. Tentunya diharapkan ke depan, sarana ini juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergisitas dan kerjasama antara Pemkab Tanah Datar dengan Pemprov Sumbar dan juga Perpustakaan Nasional,” 

Baca juga : Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, ujar Muhammad Syarif Perpustakaan Nasional RI tahun 2021 ini memberikan bantuan DAK sebesar Rp.500 juta untuk pengadaan mobiler dan sarana pendukung lainnya, serta memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling. 

“Kami undang dan silahkan Pemkab Tanah Datar melalui dinas terkait untuk koordinasi dengan kami tentang berbagai program yang mungkin dilaksanakan, seperti pojok baca digital yang Insya Allah bisa kita laksanakan tahun ini,” 

Baca juga : Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih atas kesediaan kepala Perpustakaan Nasional atas perkenannya meresmikan gedung Perpustakaan Tanah Datar walau secara virtual. “Alhamdulillah, walau sempat 2 kali tertunda, akhirnya hari ini bisa kita laksanakan peresmian gedung ini oleh Bapak Kepala Perpustakaan Nasional.

Lebih lanjut Muhammad Syarif menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas keberhasilan Pemkab Tanah Datar yang telah membangun gedung perpustakaan yang megah dan representatif. “Gedung ini menjadi bukti dukungan Pemkab Tanah Datar terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk membaca. Tentunya diharapkan ke depan, sarana ini juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan sinergisitas dan kerjasama antara Pemkab Tanah Datar dengan Pemprov Sumbar dan juga Perpustakaan Nasional,” 
   
 Sementara itu sebelumnya, Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih atas kesediaan kepala Perpustakaan Nasional atas perkenannya meresmikan gedung Perpustakaan Tanah Datar walau secara virtual. “Alhamdulillah, walau sempat 2 kali tertunda, akhirnya hari ini bisa kita laksanakan peresmian gedung ini oleh Bapak Kepala Perpustakaan Nasional, semoga ini menjadi awal yang baik bagi perpustakaan ini ke depannya,”

Zuldafri mengakui minat baca masyarakat Tanah Datar saat ini cenderung meningkat. “Peningkatan masyarakat untuk membaca bisa dilihat dari kunjungan ke Perpustakaan Umum Daerah ini, dan juga terhadap kunjungan pojok baca yang ada di beberapa nagari di Tanah Datar. Tentu peningkatan sarana gedung yang representatif dan megah ini dapat semakin mendorong minat baca masyarakat ke depannya,” 

Namun  tambah Bupati lagi, gedung megah tanpa mobiler yang mendukung dan koleksi buku yang cukup lengkap tentu akan terasa sia-sia. “Karena keterbatasan APBD Tanah Datar, tentu besar harapan kami, kepada Perpustakaan Nasional RI sekiranya ada bantuan yang bisa kami jemput, tentu akan kami lakukan agar semua kebutuhan dan keperluan di perpustakaan ini semakin lengkap dan menjadi lebih representatif dan nyaman melayani pemustaka yang memanfaatkan gedung kita ini,”

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar Erizal Ramli dalam laporannya menyebutkan perpustakaan yang menelan biaya Rp.9,5 Milyar untuk pembangunan yang dimulai dari tahun 2017 lalu itu dilaksanakan karena bangunan perpustakaan sebelumnya sudah tidak representatif dan kurang layak lagi.

“Melihat animo masyarakat semakin meningkat terutama kaum pelajar untuk ke perpustakaan serta mendukung program pemerintah pusat dalam rangka pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diperlukan sarana dan prasarana, maka walaupun dengan keterbatasan dana dan semangat tinggi akhirnya di 2015 lalu kita canangkan untuk pembangunan dan baru bisa di mulai 2017.

Kemudian Erizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh instansi terkait baik di Kabupaten, provinsi ataupun pemerintah pusat, sehingga pembangunan gedung perpustakaan umum daerah bisa berjalan baik. 

“Terima kasih atas dukungan kita semua, semoga perpustakaan ini dapat kita manfaatkan secara maksimal. Dan terima kasih juga kepada Perpustakaan Nasional RI atas dana DAKnya sebesar Rp.500 juta tahun ini serta bantuan mobilnya, semoga tahun-tahun ke depannya masih ada bantuan untuk kami,” 

Selanjutnya setelah diresmikan  secara Virtual, Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menandatangani prasasti peresmian gedung (M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni
Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar
Artikel Terkini
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas