INDONEWS.ID

  • Rabu, 27/01/2021 10:30 WIB
  • Jokowi Kembali Terima Vaksin Corona Dosis Kedua

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jokowi Kembali Terima Vaksin Corona Dosis Kedua
Presiden Joko Widodo merima vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menerima vaksin corona (Covid-19), Rabu (27/1). Ini merupakan dosis kedua yang diterima Jokowi setelah dua pekan sebelumnya menerima dosis pertama.

Menurut keterangan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pada proses vaksinasi ini, Jokowi kembali disuntik vaksin oleh Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Profesor Abdul Muthalib.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Sama seperti proses vaksinasi dosis pertama, tangan Abdul Muthalib kembali terlihat agak gemetaran saat menyuntik lengan kiri Jokowi.

Kendati begitu, Jokowi tampak tenang ketika menerima suntikan dosis kedua vaksin. Ia bahkan terlihat sedikit tertawa setelah disuntik.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Jokowi mengatakan tidak ada yang berbeda dari proses vaksinasi yang pertama. Ia juga mengaku tidak merasakan sakit ketika disuntik vaksin.

"Setelah dua minggu yang lalu, saya hari ini mendapat suntikan vaksin yang kedua. Sama seperti yang lalu, tidak terasa," kata Jokowi usai divaksinasi di halaman Istana Kepresidenan.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Meski sedikit gemetaran, Abdul Muthalib mengaku saat proses vaksinasi kedua ini ia lebih tenang dalam menyuntik Jokowi, karena sudah pernah menyuntik pada vaksinasi pertama.

Ia juga berterima kasih kepada Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali menjadi vaksinator.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Pak Presiden yang masih tetap percaya pada saya untuk vaksin kedua ini, saya ingin jelaskan sekali lagi bahwa vaksin yang saya berikan vaksin Sinovac, bukan yang lain," tutur Abdul.

Abdul juga mengatakan sempat berbincang dengan Jokowi usai divaksin. Menurut dia, Jokowi tidak mengalami efek samping usai vaksinasi dosis pertama.

"Saya tanyakan, apa ada keluhan setelah vaksin pertama, ternyata tidak ada sama sekali," ujarnya.

Jokowi sebelumnya telah menerima suntikan vaksinasi pertama pada 13 Januari. Ia menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima suntikan vaksin Sinovac.

Selain Jokowi, ada sejumlah tokoh yang ikut vaksinasi saat itu. Beberapa di antaranya adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum IDI Daeng M. Faqih, dan aktor Raffi Ahmad.

Vaksinasi ditargetkan kepada lebih dari 50 persen penduduk Indonesia untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok guna mencegah penularan virus corona.*

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas