INDONEWS.ID

  • Kamis, 04/03/2021 13:34 WIB
  • Jadwal Pendaftaran USMI Sekolah Vokasi IPB University Diperpanjang

  • Oleh :
    • very
Jadwal Pendaftaran USMI Sekolah Vokasi IPB University Diperpanjang
Undangan Seleksi Masuk IPB. (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Sekolah Vokasi (SV) IPB University atau sebelumnya dikenal sebagai Program Diploma IPB University banyak menyediakan pilihan studi bagi para milenial. Utamanya bagi milenial yang berkeinginan untuk bisa langsung bekerja di industri pasca kelulusannya.

Hingga saat ini, Sekolah Vokasi IPB University memiliki lulusan yang banyak diserap industri. Tidak hanya itu, perkuliahannya pun dilakukan dengan menggunakan banyak praktik magang di industri.

Sebelumnya, Sekolah Vokasi IPB University menawarkan jenjang pendidikan D3. Namun ke depannya akan berganti menjadi jenjang pendidikan D4 yang setara dengan gelar Sarjana (S1).

Salah satu jalur masuk Sekolah Vokasi IPB University adalah melalui Jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI). Jalur seleksi ini biasa disebut jalur seleksi rapor atau bisa juga disebut jalur undangan. Sekolah Vokasi IPB University mengundang sekolah untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk bergabung ke Sekolah Vokasi IPB University.

“Interaksi awal jalur penerimaan ini adalah antara Sekolah Vokasi IPB dengan sekolah tempat calon pendaftar sekolah. Syaratnya sekolah yang diundang adalah sekolah yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa,” ujar Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Drajat menjelaskan tata cara Jalur USMI Sekolah Vokasi IPB University mirip dengan Jalur SNMPTN Program Sarjana. Bedanya adalah USMI dikelola secara mandiri oleh IPB University, dan SNMPTN dikelola secara nasional oleh LTMPT. Kemiripannya terletak pada mekanisme pendaftaran yang melalui sekolah. 

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta

Langkah pertama yaitu SV IPB University mengirim surat ke Kepala Sekolah yang berisi informasi mengenai tata cara pendaftaran Jalur USMI. Undangan tersebut juga berisi informasi username dan password yang bersifat rahasia.

Setelah menerima surat tersebut, Kepala Sekolah harus melakukan login pada usmisv.admisi.ipb.ac.id menggunakan password dan username yang tercantum pada surat undangan yang dikirimkan. Setelah itu, Kepala Sekolah menginputkan kelengkapan data sekolah dan data siswa serta nilai pelajaran siswa yang akan mendaftar SV IPB University melalui jalur USMI.

Setelah hal tersebut dilakukan, maka Kepala Sekolah akan menerima data akun pendaftaran siswa dan nomor tagihan pembayaran pendaftaran untuk disampaikan kepada setiap siswa.

“Siswa dapat melihat data nilai rapor yang telah dimasukkan. Apabila ada ketidakcocokkan data nilai, siswa dapat menyampaikan ke pihak Sekolah untuk dilakukan perbaikan. Sementara itu, nomor pendaftaran dan status pembayaran dapat dilihat dengan menggunakan akun pendaftaran siswa di usmisv.admisi.ipb.ac.id,” tambah Dr Drajat.

Biaya pendaftaran yang dibebankan kepada siswa sebesar 400 ribu rupiah. Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan melalui bank BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, Mandiri, atau Mandiri Syariah dengan tata cara pembayaran dapat dilihat pada http://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/.

Setelah mendaftar dan membayar biaya pendaftaran, siswa wajib mengisi pilihan program studi dan biodata sebagai persyaratan mengikuti seleksi USMI SV IPB University. Selain itu, siswa juga wajib mengunggah pasfoto berwarna (formal) tanpa atribut sekolah yang ukuran filenya maksimum 500 KB.

“Siswa dapat mengunduh Kartu Peserta Jalur USMI apabila persyaratan pendaftarannya sudah lengkap,” tegas Dr Drajat.

Kabar gembira, terkait jadwal pendaftaran USMI, IPB University mengeluarkan kebijakan perpanjangan masa pendaftaran. Berikut jadwal barunya:

Pengiriman Surat Pemberitahuan ke Sekolah: 21 Desember 2020 – 22 Januari 2021

Pendaftaran Siswa melalui Sekolah: 4 Januari 2021 – 29 Maret 2021

Pembayaran Biaya Pendaftaran: 4 Januari 2021 – 30 Maret 2021

Pengisian Data Nilai dan Biodata: 4 Januari 2021 – 31 Maret 2021

Seleksi: Pertengahan April 2021

Pengumuman: 30 April 2021.

Registrasi online mahasiswa Baru: 3-10 Mei 2021

Pembayaran biaya pemdidikan (Uang Kuliah Tunggal/UKT): 3-10 Mei 2021

Awal Perkuliahan: 16 Agustus 2021.

Informasi selengkapnya dapat diakses di admisi.ipb.ac.id (Very)

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkait
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas