INDONEWS.ID

  • Jum'at, 05/03/2021 18:30 WIB
  • Moeldoko Terpilih Jadi Ketum Partai Demokrat Versi KLB Sumut

  • Oleh :
    • Ronald
Moeldoko Terpilih Jadi Ketum Partai Demokrat Versi KLB Sumut
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko resmi terpilih jadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025 lewat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Tandingan yang digelar di The Hill Hotel and Resrot, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (5/3/2021). (Foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Tandingan resmi menetapkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai ketua umum partai periode 2021-2025. Moeldoko terpilih melalui suara terbanyak dan mengalahkan kandidat lainnya yakni Marzuki Alie.

"Pak Moeldoko ditetapkan menjadi ketua umum partai Demokrat periode 2021-2025, setuju?" kata Jhoni Allen Marbun yang disambut setuju oleh peserta KLB di The Hill Hotel and Resrot, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (5/3/2021). 

Baca juga : KSP Ungkap Pendapatan Perkapita Indonesia Tembus US$4.580

Sementara dihari yang sama, Moeldoko melalui sambungan teleponnya dengan Darmizal menyapa anggota KLB Partai Demokrat Tandingan di Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Hal tersebut untuk memastikan jika dirinya terpilih sebagai Ketua Umum dalam KLB Partai Demokrat sudah sesuai dengan AD/ART partai.

“Walaupun secara aklamasi rekan rekan telah memberikan kepercayaan kepada saya, tetapi saya ingin memastikan keseriusan teman-teman semua atas amanat ini,” kata Moeldoko.

Baca juga : Capaian Kinerja 2023: Perjalanan Indonesia Keluar dari Krisis Global

“Apakah proses pemilihan ini sudah sesuai dengan AD/ART atau tidak,” tanya Moeldoko yang disambut jawaban sesuai oleh peserta KLB Partai Demokrat tandingan.

“Yang kedua, saya ingin tahu keseriusan kalian memilih Saya untuk Partai Demokrat, serius atau tidak,” kata Moeldoko yang dijawab serius oleh peserta KLB Partai Demokrat tandingan.

Baca juga : Relawan "Konco Kulo Moeldoko Arek Jatim" Pasang Spanduk Moeldoko di 6 Kabupaten/Kota di Jatim

“Yang ketiga, sejauh mana keseriusan saudara-saudara untuk bekerja atas nama integritas, menempatkan merah putih di atas pribadi atau golongan,” tanya Moeldoko yang dijawab siap oleh peserta KLB Partai Demokrat tandingan.

Seusai mendengar jawaban dari peserta KLB Partai Demokrat tandingan, Moeldoko mengatakan menerima penunjukkan dirinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025.

“Baik, saya menghargai dan menghormati sikap saudara, oke kita terima untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp, video yang menggambarkan tentang kericuhan KLB Demokrat. Setidaknya ada dua buah video yang menggambarkan kericuhan di sana.

Salah satu video berdurasi 1 menit 6 detik memperlihatkan kelompok massa dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatra Utara dan ormas yang mengamankan acara tersebut. Beberapa diantara orang-orang yang berjaga ada juga yang memakai baju kaos berlambang Partai Demorat.

Melihat massa dari DPD Demokrat Sumut datang, ormas yang berjaga di lokasi langsung menghadang. Mereka mengusir para kader Demokrat tersebut hingga keluar lokasi acara.

Selang beberapa lama, benturan massa pun tidak dapat dihindari. Kedua kelompok saling jual beli pukulan, ada juga yang menggunakan batang kayu panjang serta melempar batu.

Di video lain, yakni di yang berdurasi 11 detik, nampak seorang yang menggunakan jas biru ala Demokrat terkapar karena tidak mampu lagi menahan banyak pukulan dari banyak orang. Namun , blum diketahui secara pasti apakah orang yang terkapar tersebut dari kelompok yang berjaga atau dari pihak DPD Demokrat Sumut.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Heri Zulkarnain menegaskan, pembubaran akan mereka lakukan jika aparat kepolisian tidak bertindak. 

"Kalau tidak dibubarkan polisi, kami yang bubarkan. Sebagai penegak hukum polisi harusnya berada di posisi yang benar untuk membubarkan KLB ilegal," tegas Heri, Jumat (5/3/2021).

Pihaknya bakalan mengirimkan banyak kader ke lokasi KLB. Untuk itu, seluruh perwakilan DPC Demokrat kabupaten/kota se-Sumut dikumpulkan untuk menggelar Apel Siaga di Kantor DPD Demokrat Sumut.

Usai menggelar apel, mereka akan bersama-sama menuju lokasi untuk membubarkan KLB. 

"Kami semua bersama-sama ke lokasi KLB ilegal," tegasnya lagi.

Selain mengancam akan membubar KLB yang digelar untuk merebut kekuasaan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu, pihaknya juga telah melaporkan kegiatan tersebut ke pihak kepolisian.

"Kita sudah buat laporan ke Polrestabes Medan," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait
KSP Ungkap Pendapatan Perkapita Indonesia Tembus US$4.580
Capaian Kinerja 2023: Perjalanan Indonesia Keluar dari Krisis Global
Relawan "Konco Kulo Moeldoko Arek Jatim" Pasang Spanduk Moeldoko di 6 Kabupaten/Kota di Jatim
Artikel Terkini
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Pj Bupati Maybrat Tinjau Puskesmas Aifat Utara, Puji Kinerja Dalam Penanganan Alergi Rabies
Pj Bupati Maybrat dan Kapolres Tandatangani NPHD, Dukung Penerimaan Taruna Akpol dari Maybrat
Kunjungan Pj Bupati Maybrat ke SMAN 1 Aifat Raya Ungkap Kekurangan Guru dan Data Siswa yang Tidak Akurat
Pj Bupati Maybrat Apresiasi Inisiatif Kerja Bakti SMP Negeri 1 Aifat Ayawasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas