INDONEWS.ID

  • Kamis, 18/03/2021 18:30 WIB
  • BNPB Salurkan Bantuan 2,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat

  • Oleh :
    • Mancik
BNPB Salurkan Bantuan 2,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan bantuan anggaran penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat melalui Gubernur Kalbar H. Sutarmidji.(Foto:Ist)

Pontianak, INDONEWS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan dukungan berupa anggaran senilai 2,3 miliar kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) guna percepatan penanganan Covid-19.

Penyerahan dukungan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo kepada Gubernur Kalbar H. Sutarmidji usai Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Kalbar. Rabu (17/3/2021).

Baca juga : Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik

Adapun rincian bantuan yang diserahkan meliputi PCR Mbiocov sebanyak 5 ribu tes, RNA Intron sebanyak 5 ribu tes, Rapid Test Antigen sebanyak 10 ribu tes dan masker kain sebanyak 50 ribu lembar.

Melalui dukungan tersebut, Doni Monardo berharap semoga pandemi dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 di Kalbar lebih dapat ditangani secara maksimal.

Baca juga : Sambangi Pasuruan dan Probolinggo, BNPB Tekankan Upaya Antisipasi Potensi Bencana

“Sehingga upaya penanganan COVID-19 dapat lebih maksimal,” ujar Doni.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi disebutkan bahwa Provinsi Kalbar termasuk dalam wilayah yang memiliki angka kasus terendah di seluruh Indonesia pada satu bulan sebelumnya. Namun, kondisi tersebut berubah pada bulan ini dan mengalami kenaikan secara signifikan.

Baca juga : Jalur Tikus Marak di Kalbar, Deputi BNPP Robert Simbolon Beri Perhatian Khusus

Berdasarkan data Satgas, Provinsi Kalbar pada bulan Februari memiliki angka kesembuhan hingga mendekati 98 persen dan angka kematian 0,62 persen atau jauh di bawah angka rata-rata nasional yang saat ini berada di posisi 2,70 persen.

Menurut laporan yang diterima Doni, adanya penambahan kasus tersebut diprediksi dari aktivitas Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang keluar masuk wilayah Indonesia melalui darat tanpa menerapkan protokol kesehatan serta tidak mematuhi aturan SE Nomor 8 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

“Meningkatnya kasus aktif (Covid-19) di Kalbar yang diprediksi dan diduga itu berasal dari PMI yang kembali dari negara tetangga,” jelas Doni

Dengan adanya indikasi tersebut, maka Doni segera meminta agar wilayah perbatasan juga diperketat dengan menerapkan apa yang telah diatur dalam SE Nomor 8 Tahun 2021 tersebut.

Selain itu, dia juga meminta agar segenap komponen yang ada di wilayah Kalbar segera melakukan upaya kolaboratif dalam menjalankan operasinya, melalui komando dan koordinator dari Pangdam XII/Tanjungpura selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalbar Khusus Perbatasan melalui permintaan Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, dibantu unsur Forkopimda setempat dan instansi serta lembaga terkait.

“Kita ingin agar apa yang telah diraih oleh Provinsi Kalbar ini bisa kita pertahankan. Oleh karenanya peningkatan kasus ini harus segera carikan solusinya dengan berkolaborasi,” tutup Doni.

Rapat Koordinasi dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga dari Pusat yang turut beserta dengan rombongan BNPB, Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, Kapolda Kalbar, bupati/wali kota se Provinsi Kalbar, unsur Forkopimda dan instansi terkait lainnya.*

 

Artikel Terkait
Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik
Sambangi Pasuruan dan Probolinggo, BNPB Tekankan Upaya Antisipasi Potensi Bencana
Jalur Tikus Marak di Kalbar, Deputi BNPP Robert Simbolon Beri Perhatian Khusus
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas