INDONEWS.ID

  • Senin, 22/03/2021 19:04 WIB
  • Jose Rizal Pimpin Sila Sapa, Muhadam Labolo Tamu Pertama

  • Oleh :
    • luska
Jose Rizal Pimpin Sila Sapa, Muhadam Labolo Tamu Pertama
Jose Rizal dan Muhadam Labolo

Jakarta, INDONEWS.ID — Jose Rizal mengungkapkan rasa syukur atas berdirinya program podcast Sila Sapa, Sisi Lain Sang Pamong. Ditemui Indonews seusai rapat dan persiapan teknis petang tadi di IPDN Kampus Jakarta (22/3), ia mengabarkan bahwa kanal Youtube tersebut akan memulai rekaman perdananya pada Rabu lusa, 24 Maret 2021. Dosen senior IPDN, Muhadam Labolo bakal dihadirkan sebagai tamu pertama.

Jose mengatakan, Sila Sapa berawal dari diskusinya dengan Setrio dan Ervin, Purnapraja yang bertugas di bidang teknologi dan informatika di IPDN Kampus Jakarta. “Kami membahas bagaimana mengemas konten ilmu pemerintahan yang enak dicerna publik. Hingga sampailah pada gagasan membuat podcast dan merekrut sejumlah ahli IT.”

Baca juga : Peluncuran buku Etika Pemerintahan oleh MIPI

Menurut pria yang juga dikenal sebagai penulis biografi tokoh pemerintahan ini, bahwa kanal yang dipimpinnya bakal bergerak pada zona yang belum tersentuh podcast yang selama ini beredar di dunia maya. “Sisi Lain Sang Pamong, serupa mengemas biografi figur pamong dalam bentuk virtual. Biasanya kan saya tulis melalui buku biografi, sementara masih banyak tokoh yang telah dan sedang menoreh prestasi yang belum sempat ditulis. Lantas kepikiran, mengapa tidak kita angkat saja dalam obrolan menarik di channel Youtube.”

“Mengungkap sisi lain dari seorang tokoh Pamong, apakah dia bergerak di wilayah praktis seperti Gubernur, Bupati dan Wali Kota, atau ia berkiprah sebagai akademisi yang menanamkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik bagi kader pamong praja merupakan hal-hal yang menarik untuk dikupas habis. Karena netizen tahunya hanya seremonial yang dilakukan para pamong tersebut, sisis humanis, gejolak pemikiran, dan perenungan mereka belum tergali lebih dalam.” Ulas mantan Ketua Umum Duta Wisata Indonesia ini bersemangat.

Baca juga : Sosiolog IPDN Jose Rizal: Beri Ruang Kabinet Baru Menjawab Persoalan Masyarakat

Lebih jauh, pria yang pernah menyabet Juara 1 Publikasi Pemerintahan Tingkat Nasional Tahun 2010 ini, mengatakan bahwa Sila Sapa akan sangat cocok menjadi tontonan bagi kawula muda yang ingin memahami pemerintahan dalam praktik dan para birokrat yang ingin mengikuti perkembangan baru di dunia pemerintahan. 

“Insya Allah, untuk tamu pertama sudah menyatakan bersedia adalah Bapak Muhadam Labolo. Seorang dosen senior yang juga alumnus STPDN dan juga IIP. Jiwa kepamongan beliau kental, sangat dikenal bagi kalangan alumni sekolah pamong. Namun, tentu kita semua belum mengetahui sisi lain dari Pak Muhadam. Nah, tugas Sila Sapa untuk mengupasnya.” Tutur Jose yang juga akan bertindak selaku host Sila Sapa.

Baca juga : Jose Rizal Kecam Penjualan Masakan Padang Berbahan Babi

Dihubungi terpisah, Muhadam Labolo membenarkan kesediaan dirinya akan menjadi tamu perdana program podcast Sila Sapa. Ia mengaku terkejut dan merasa terhormat menjadi tokoh pamong pembuka start, dimulainya kanal Youtube yang membahas pemerintahan dari perspektif yang berbeda dari yang biasanya. 

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran Sila Sapa. Ini sebuah gagasan cemerlang dalam menyemarakkan khazanah keilmuan pemerintahan ke depan. Saya kira tepat, di zaman pandemi ini, kita perlu menemukan format baru dalam menyajikan pemikiran ke hadapan publik. Pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu solusinya.” Demikian pungkas Muhadam Labolo. (Lka)

Artikel Terkait
Peluncuran buku Etika Pemerintahan oleh MIPI
Sosiolog IPDN Jose Rizal: Beri Ruang Kabinet Baru Menjawab Persoalan Masyarakat
Jose Rizal Kecam Penjualan Masakan Padang Berbahan Babi
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas