INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/03/2021 05:48 WIB
  • TNI AL Gelar Kompetisi PPKM-Maritime Hackathon

  • Oleh :
    • luska
TNI AL Gelar Kompetisi PPKM-Maritime Hackathon

Jakarta, INDONEWS.ID – TNI Angkatan Laut (TNI AL) berkomitmen untuk terus memaksimalkan potensi Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia dengan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Dalam rangka menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman, Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) bekerjasama dengan Telkom University dan TemanSiswa.com menggelar Kompetisi Kreativitas Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Maritime Hackathon  2021, di Dispotmaral, Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat (26/3) yang saat ini sudah memasuki tahap Semifinal.

Kegiatan yang dibuka Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Kadispotmaral sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi masyarakat dalam kompetisi ini. Animo dari komunitas IT sangat tinggi, dan solusi aplikasi yang diusulkan sangat inovatif untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam pembinaan potensi maritim.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

PPKM-Maritime Hackathon ini merupakan kompetisi kreativitas menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim yang akan diimplementasi dalam pengembangan beragam produk yang mendukung pengelolaan data dan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dengan harapan mampu menjaring potensi masyarakat yang memiliki kompetensi strategis dan membangun kesadaran maritim di kalangan komunitas _Information Communication and Technology_ (ICT). Kegiatan ini  menghadirkan dewan juri dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL yang berpengalaman.

Sejak dibuka pada 18 Februari 2021 lalu, kegiatan yang diikuti unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan profesional dari berbagai daerah se-Indonesia telah memasuki tahap semifinal dengan aplikasi yang diajukan peserta terdiri dari _Mobile Application,  Web Application_ , Olah-Anlisis Data, dan _Internet of Things_ . Dalam tahap ini peserta akan melakukan coding membangun aplikasi secara live selama 24 jam. Peserta hadir secara online dari seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Asisten Pembinaan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto  sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa semua komponen masyarakat berhak dan wajib berpartisipasi dalam pertahanan negara. Gelaran PPKM - Maritime Hackathon TA 2021 ini diharapkan mampu menghasilkan produk digital inovatif di bidang ekonomi, edukasi, pariwisata dan kesehatan yang semuanya bermuara pada pertahanan negara. Produk yang dihasilkan merupakan kontribusi masyarakat kepada pertahanan dan keamanan nasional.

Hal senada disampaikan COO MDI Ventures (Venture Capital dari Telkom group), Gede Ngurah Sandhy Widyasthana bahwa kompetisi ini sangat bermanfaat untuk menjaring ide-ide kreatif dari anak bangsa. “Kami sangat mengapresiasi gelaran ini karena dapat mendukung perkembangan industri dalam negeri melalui talent-talent muda dan terbuka untuk melakukan sinergi di masa mendatang," ucapnya.

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia

Sementara itu, Kepala Sub Dinas Pembinaan Kemampuan (Kasubdis Binpuan) Dispotmaral sekaligus Dansatgas PPKM-Maritime Hackathon TA 2021, Letkol Marinir Widoyono menyampaikan gelaran ini diikuti lebih dari 100 tim dimana setelah melalui verifikasi terjaring 89 tim dalam semifinal. Laga semifinal akan menjaring 10 finalis terbaik untuk maju ke babak final pada 5-6 April 2021 mendatang dengan hadiah lebih dari Rp100 juta serta berbagai hadiah dari sponsor. “Semua rangkaian dan informasi kegiatan terdapat di website www.hackathonmaritim.id.,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Anggota Komisi III DPR RI Santoso, S.H. yang menilai bahwa event  ini merupakan terobosan baru untuk mengalang kaum milenial yang memiliki kompetensi di bidang IT dan pengolahan data. “Generasi muda memerlukan cara tersendiri mendekati mereka, dan Dispotmaral telah melakukan langkah yang tepat," tuturnya. (Lka)

 

Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas