INDONEWS.ID

  • Jum'at, 02/04/2021 07:07 WIB
  • ASEAN Pererat Kerjasama dengan Afrika Selatan Melalui ASEAN Golf Day 2021

  • Oleh :
    • luska
ASEAN Pererat Kerjasama dengan Afrika Selatan Melalui ASEAN Golf Day 2021

Afrika Selatan, INDONEWS.ID - Melalui protokol kesehatan yang cukup ketat, KBRI Pretoria selaku tuan rumah ASEAN Pretoria Committee (APC) telah menyelenggarakan ASEAN Golf day 2021 di Midrand, Afrika Selatan pada tanggal 30 Maret 2021. Kompetisi golf persahabatan ASEAN Golf Day diikuti oleh 40 peserta, yang terdiri dari para Duta Besar dan perwakilan negara ASEAN, perwakilan negara sahabat di Pretoria, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Department of Human Settlement Afrika Selatan. Wakil Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Alvin Bottes, membuka turnamen persahabatan ini melalui first tee off pada pukul 08.00 pagi.

Nuansa Indonesia sangat marak di lapangan golf Blue Valley karena itu itu dihiasi dengan berbagai 
ornamen khas Indonesia. Dalam acara ramah tamah Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi, menyatakan bahwa aksesi Afrika Selatan pada ASEAN Treaty of Amity and Cooperation 2020 lalu menandai keinginan Afrika Selatan untuk lebih mendekat pada ASEAN. Dubes Salman yang juga Ketua ASEAN Pretoria Committee berharap ASEAN Golf Day 2021 akan lebih mempererat hubungan 
dan kerja sama antara ASEAN dengan Afrika Selatan. Wamenlu Alvin Botes yang juga 
berpartisipasi dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa Afrika Selatan pastikan bahwa ASEAN adalah mitra penting dan bagian strategi untuk mewujudkan kerja sama yang saling  menguntungkan, termasuk di bidang Pendidikan. Wamenlu Botes juga sampaikan peran penting dari Indonesia dalam membangun solidaritas Selatan-Selatan, antara lain melalui Gerakan Non-Blok.

KBRI Pretoria juga manfaatkan kesempatan di perhelatan ASEAN Golf Day untuk promosikan 
produk Indonesia yang telah beredar di pasar Afrika Selatan, seperti produk mie instan, minuman, biskuit, permen, obat-obatan, dan produk-produk kelapa.

Salman Al Farisi menyampaikan bahwa kegiatan tidak hanya terbatas pada display produk ekspor namun juga dilakukan coffee tasting khas Indonesia serta sajian kulinari khas Indonesia, seperti nasi 
goreng, sate sapi, sate kambing, dan kerupuk udang. 

ASEAN Pretoria Committee adalah perkumpulan negara-negara ASEAN yang memiliki perwakilan pada tingkat Duta Besar di Pretoria, Afrika Selatan. Pada saat ini terdapat 7 negara anggota ASEAN di Pretoria, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia,Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam. Pada semester pertama tahun 2021 ini Indonesia dipercayakan menjadi ketua APC. 

APC selalu berupaya untuk mengangkat citra ASEAN lebih dikenal di kalangan masyarakat Afrika Selatan. Selain itu ASEAN Pretoria Committee juga mendorong kerjasama yang lebih erat antara negara-negara ASEAN dengan Afrika Selatan di berbagai bidang yang menjadi kepentingan strategis kedua belah pihak. (Lka)

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas