INDONEWS.ID

  • Selasa, 13/04/2021 08:32 WIB
  • Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani-971 Kirim Bansos ke Flores Provinsi NTT

  • Oleh :
    • luska
Kasal Lepas KRI Tanjung Kambani-971 Kirim Bansos ke Flores Provinsi NTT

Jakarta, INDONEWS.ID -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas keberangkatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tanjung Kambani-971 yang akan membawa bantuan sosial (Bansos) bencana alam banjir bandang dan tanah longsor ke Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  dari Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, (12/4).

Kasal secara simbolis menyerahkan bahan kontak kepada Komandan KRI Tanjung Kambani-971 Letkol Laut (P) Tri Hidayat. Selain itu, Komandan KRI Tanjung Kambani-971 juga menerima paket secara simbolis dari perwakilan donatur yakni, Ibu Irma dari Komunitas Jumat Pertama Keuskupan Agung Jakarta, Suster Maria Koleta dari Misi Prokur Kongregasi Putri Reinha Rosari dan Ibu Vira dari PT. PLN (Persero).

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

TNI AL merespon cepat atas musibah bencana alam yang terjadi di Flores Timur Provinsi NTT sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dengan memberangkatkan unsur-unsur KRI dan prajuritnya membantu para korban. KRI Tanjung Kambani-971 merupakan kapal keempat yang diberangkatkan ke NTT setelah KRI Oswald Siahaan (OWA)-354, KRI Ahmad Yani-351 dan KRI Semarang-594 beberapa waktu lalu.

“Sejak awal gempa kita sudah distribusikan bantuan maupun mengerahkan unsur-unsur baik KRI dan prajuritnya juga pesawat milik TNI AL. Ini adalah perintah Panglima TNI untuk segera tanggap darurat terhadap gempa maupun  bencana yang terjadi di daerah,” papar Kasal kepada awak media.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Lebih jauh Kasal menjelaskan bahwa keberangkatan KRI Tanjung Kambani mengangkut kurang lebih 300 ton bahan kontak dari Jakarta dan akan singgah di Surabaya untuk mengangkut 400 ton lagi, sehingga total bantuan yang akan dibawa ke daerah bencana sekitar 700 ton. “Hingga saat ini TNI AL masih menerima bantuan dari masyarakat maupun instansi yang peduli terhadap saudara-saudara kita di NTT pada posko-posko baik di Lantamal III Jakarta, Lantamal V Surabaya, Kormar, Koarmada I dan Kolinlamil yang nantinya akan diangkut dengan KRI apabila jumlahnya memenuhi syarat,” ungkap Kasal

Berbagai bahan kontak dikirmkan ke daerah terdampak bencana seperti 1 unit excavator dari Kemensos RI, 10 unit genset tiger dan 5 karung sarung dari PIBPG GBI, 10 unit genset krisbow dari PT PLN Cinere Depok, 84 koli material kesehatan dari Puskes TNI, pakaian layak pakai, perlengkapan wanita, anak-anak dan bayi, selimut, handuk serta ratusan ton beras, mie instan, dan kebutuhan sembako.

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia

Turut hadir melepas KRI Tanjung Kambani Aslog Kasal Laksda Puguh Santoso, S.E., M.M., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP.,M.Tr.Opsla., Kadispenal, Kadiskesal, Kadispotmaral dan Danlantamal III, serta pejabat terkait lainnya. (Lka)

Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Promo Smartphone di Blibli Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan
Simak Ya! Kini Anda Bisa Dapatkan Samsung S23 Ultra di Marketplace Ini
Amicus Curiae & Keadilan Hakim
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas