INDONEWS.ID

  • Selasa, 13/04/2021 15:45 WIB
  • PNM Cabang Cimanggu Gelar TPU Bagi Nasabah Mekaar

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PNM Cabang Cimanggu Gelar TPU Bagi Nasabah Mekaar
Kantor Pusat PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Cabang Cimanggu (Regional Cilacap) menggelar pembinaan dan pelatihan pengembangan kapasitas usaha nasabah Mekaar mengenai pengembangan kapasitas usaha klasterisasi sektoral tikar pandan di Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu, Sabtu (10/4).

Acara ini menghadirkan pemateri dari Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Cilacap, Anisha Dian Iswahyuni. Acara itu diikuti oleh 25 peserta nasabah Mekaar Cabang Cimanggu, dan dihadiri Camat Cimanggu, Kasi Pemerintahan dan Kepala Desa Cijati. Acara ini juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Kisah Inspiratif Nasabah PNM Mekaar, Sukses Setelah 10 Tahun Bangun Usaha

Dalam paparannya, Anisha Dian Iswahyuni menjelaskan tentang ide kreatif bagi industri tikar. Di mana ia menjelaskan tentang bagaimana cara menemukan ide untuk berwirausaha. Hal yang lebih mudah mengimplementasikan yaitu menjalankan usaha yang berawal dari hobi.

Kemudian, mempelajari bisnis yang telah eksis dengan metode ATM, yaitu Amati, Tiru dan Motivasi. Ketiga berusaha menghadirkan solusi. Keempat kreativitas. Kreativitas menjadi kunci dalam menjalankan usaha, serta belajar dari pengalaman.

Baca juga : Gelar PKU bagi Nasabah, PNM: Kami Berikan 3 Bentuk Modal Usaha

"Ide bisnis datang seiring dengan perjalanan dalam menggeluti sebuah usaha. Keberanian memulai usaha juga merupakan modal usaha yang tak kalah penting untuk meraih sukses," katanya.

RM Mekaar Cilacap, Petik Irawati mengatakan, pembinaan melalui program pengembangan kapasitas usaha klasterisasi akan diberikan melalui beberapa tahapan.

Baca juga : Dorong Nasabah Berkembang, PNM Gelar PKU "Taka Pandai Digital" bagi Pelaku UMKM di Tarakan

Kegiatan awal dengan memberikan motivasi untuk mengubah pola pikir para nasabah Mekaar Cabang Cimanggu. Sehingga mereka dapat menggali peluang usaha dengan kerajinan tikar pandan.

"Tujuan pembinaan ini supaya nasabah PNM Mekaar dapat meningkatkan kapasitas usahanya," katanya.

Dia menuturkan, PNM tidak hanya fokus pada pembiayaan saja, melainkan melakukan pembinaan. Harapannya, usaha yang dimiliki para nasabah bisa naik kelas dan semakin besar. Dengan demikian, pembiayaan usaha akan terus berkelanjutan.

"Kami berharap usaha mereka bisa naik kelas, dari ultra mikro, menjadi mikro dan kecil bahkan menjadi usaha menengah," katanya.*

Artikel Terkait
Kisah Inspiratif Nasabah PNM Mekaar, Sukses Setelah 10 Tahun Bangun Usaha
Gelar PKU bagi Nasabah, PNM: Kami Berikan 3 Bentuk Modal Usaha
Dorong Nasabah Berkembang, PNM Gelar PKU "Taka Pandai Digital" bagi Pelaku UMKM di Tarakan
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Petugas PSR
Pj Bupati Maybrat hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Mendagri Ingatkan Pemda Terus Jaga Inflasi di Tengah Instabilitas Global
Buka SPM Awards 2024, Wamendagri Dorong Pemda Berikan Pelayanan Optimal bagi Masyarakat
Mendagri Minta Pemda Lakukan Terobosan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas