INDONEWS.ID

  • Jum'at, 23/04/2021 14:05 WIB
  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Akan Bantu Pengembangan Istano Pagaruyung

  • Oleh :
    • luska
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Akan Bantu Pengembangan Istano Pagaruyung

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan bantu pngembangan Istano Basa Pagaruyung sebagai salah satu destinasi utama pariwisata Sumatera Barat.

Hal ini disampaikannya di depan Istano Basa Pagaruyung usai menaiki rumah gadang dan mendengarkan pemaparan Bupati Tanah Datar Eka Putra terhadap kondisi Istano Basa Pagaruyung  dan juga dihadir anggota  Forkompinda, Ketua Dekranasda Lise Eka Putra, Wakil Ketua Dekranasda Patty Richi Aprian dan budayawan yang juga pakar batik Ibu Sativa Sutan Aswar.

Baca juga : Ketua DPP BKPRMI Bersama Abu Omar Alfarouk dari Gaza Palestina Berikan penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar

Untuk pengembangan tersebut Menteri juga akan menurunkan DAK Tahun ini disamping juga hadiyahkan.  satu event berskala nasioal yang sudah masuk dalam kharisma event nusantara yaitu event Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan di bulan Juli.

Menteri juga mengakui  Istano Basa Pagaruyung, Sandi katakan Istano Basa Pagaruyung merupakan destinasi yang memiliki kekuatan yang iconic dan menurutnya sesuatu yang menjadi penarik utama kunjungan ke Sumatera Barat seperti yang dikatakan belum disebut ke Sumatera Barat kalau belum ke Istano Basa Pagaruyung.

Baca juga : Pengurus LKAAM Tanah Datar Terima Baju seragam Dari Bupati Tanah Datar

 “Saya berbahagia kembali ke sini (Istano Basa Pagaruyung-red) untuk kesekian kalinya, menemukan kearifan lokal, melestarikan konsep pariwisata baru yaitu nature and culture (berbasis sumber daya alam dan kebudayaan). Ini juga yang kita dorong arah baru pariwisata kita dengan konsep berkualitas dan keberlanjutan dan  Tanah Datar juga punya satu iven (Festival Budaya Minangkabau).

“Awalnya ada keragu-raguan (pelaksanaan event) tapi atas dukungan pak Kapolri dan bapak Presiden juga, siap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Mohon dukungan dari pak Kapolres, pak Dandim dan semua satgas Covid-19, agar kepatuhan kita tidak menyebabkan peningkatan angka Covid-19 serta pariwisata dan ekonomi kreatif tidak dituduh sebagai pemicu peningkatan kasus Covid-19,” .

Baca juga : Bupati Tanah Datar Eka Putra, Raih Top BUMD Awards Tahun 2024

“Saya juga punya data jika pariwisata dan ekonomi kreatif dijalankan patuh dengan protokol kesehatan dan disiplin, merupakan aktifitas yang diperbolehkan dan justru menggerakkan perekonomian, karena kita menginginkan pulihnya ekonomi ke depan,” 

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra memaparkan di depan Menteri Sandiaga Uno, Anggota DPR RI Andre Rosiade dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy tentang sejarah dan perkembangan Istano Basa Pagaruyung.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas kunjungan Bapak Menteri Sandiaga Uno beserta rombongan ke Tanah Datar,” sampai bupati.

Bupati juga jelaskan Tanah Datar sebelumnya sudah mendapat bantuan pengembangan Istano Basa Pagaruyung berupa pembangunan parkir dan kios-kios cindera mata untuk UMKM.

“Parkiran dan kios-kios kondisinya baru 70 persen dan tadi Alhamdulillah sudah diaminkan oleh Bapak menteri untuk dituntaskan dan juga kami membangun rumah-rumah adat mewakili kabupaten/kota di Sumatera Barat yang nantinya berfungsi sebagai homestay(M.Datuk)

Artikel Terkait
Ketua DPP BKPRMI Bersama Abu Omar Alfarouk dari Gaza Palestina Berikan penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar
Pengurus LKAAM Tanah Datar Terima Baju seragam Dari Bupati Tanah Datar
Bupati Tanah Datar Eka Putra, Raih Top BUMD Awards Tahun 2024
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas