INDONEWS.ID

  • Minggu, 30/05/2021 17:31 WIB
  • Peringati Hari Lahir Pancasila, Forum Pancasila Rumah Kita Gelar Seminar Virtual

  • Oleh :
    • Mancik
Peringati Hari Lahir Pancasila, Forum Pancasila Rumah Kita Gelar Seminar Virtual
Forum Pancasila Rumah Kita.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pancasila sebagai dasar negara lahir berawal dari Pidato Soekarno 1 Juni 1945 di dalam sidang Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Pemerintah menetapkan momentum pidato tersebut, sebagai hari lahirnya Pancasila.

Dalam rangka merawat dan menjaga Pancasila, Forum Pancasila Rumah Kita akan mengadakan seminar secara virtual. Seminar online ini akan melibat masyarakat dari berbagai elemen dengan semangat yang sama untuk meneguhkan dasar negara Pancasila.

Baca juga : Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekjen Suhajar Pimpin Upacara di Lingkup Kemendagri

"Kami Forum Pancasila Rumah Kita bersama berbagai pihak dari berbagai organisasi keagamaan, kemasyarakatan, komunitas dan kepemudaan menggadakan Webinar dengan tema “Pancasila Rumah Kita” sebagai bentuk kecintaan kami kepada Pancasila sebagai dasar dan Ideologi bangsa Indonesia yang diadakan melalui virtual zoom pada
hari Selasa, 1 Juni 2021," demikian keterangan dari forum ini kepada Indonews.id di Jakarta, Minggu,(30/5/2021)

Forum Pancasila Rumah Kita terus mengikuti dinamika dan perkembangan sosial dan politik di Indonesia. Forum ini melihat tantangan terberat terhadap keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Irup Upacara Hari Lahir Pancasila

Paham yang bertentangan dengan semangat nilai-nilai Pancasila kini tumbuh subur. Terutama paham radakalisme dan praktik intoleransi yang sebenarnya tidak pernah ditemukan dalam intisari pemikiran Pancasila.

Dalam mengurai persoalan-persolan tersebut, Forum Pancasila Rumah Kita, merasa perlu menghadirkan satu diskusi bersama untuk menguatkan kembali pemahaman tentang Pancasila. Kegiatan diskusi ini sifat terbuka agar terjadi terjadi dialog dengan antar sesama warga bangsa.

"Lima Sila Pancasila adalah semangat kolektivitas yang menyeimbangkan nilai individualisme milik demokrasi. Ketuhanan Yang Maha Esa. Telah diingatkan jauh-jauh hari, Bung Karno berpesan agar bangsa ini ber- Tuhan dengan mengedepankan sifat toleransi dan solidaritas," jelas Forum Pancasila Rumah Kita dalam pernyataannya.

Forum Pancasila Rumah Kita menegaskan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni. Bukan sekedar melaksanakan perayaan seremonial.

Namun, memperingati Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk meneguhkan dan menguatkan pemahaman semua elemen bangsa terhadap keberadaan Pancasila dalam menghadapi paham-paham baru yang mampu merusakan tatanaman kehidupan bangsa.

"1 Juni bukan sekadar seremonial hormat bendera. Lelah berdiri di tengah lapang bisa lebih dimaknai. Beruntungnya kita punya fondasi. Entah gempuran radikalisme, fundamentalisme, dan isme lain di masa depan, rakyat dapat berlindung di bawah naungan lima sila dasar negara. Ada tempat kembali, saripati jati diri negeri. Seperti cita-cita founding fathers saat merumuskan dasar negara, mari jaga negara Indonesia agar terus berdiri kekal dan abadi," demikian Forum Pancasila Rumah Kita mengakiri perrnyataannya.*

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait
Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekjen Suhajar Pimpin Upacara di Lingkup Kemendagri
Pj Bupati Maybrat Irup Upacara Hari Lahir Pancasila
Artikel Terkini
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas