INDONEWS.ID

  • Senin, 21/06/2021 21:01 WIB
  • Viral! Ini Fakta di Balik Videotron Tampilkan "Pertanyaan Unik" di Jakarta dan Bekasi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Viral! Ini Fakta di Balik Videotron Tampilkan "Pertanyaan Unik" di Jakarta dan Bekasi
Videotron berukuran 24 x 12 meter yang terpasang di Gedung Menara Sudirman menampilkan"Pertanyaan Unik" (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebuah videotron unik yang terpasang tepat di Gedung Menara Sudirman, Jakarta Pusat menyita perhatian sejumlah pengguna jalan yang melintasi jalur Sudirman – Thamrin sejak 17 Juni 2021 lalu.

Pasalnya, videotron berukuran 24 x 12 meter itu menampilkan tayangan yang tak biasa yakni berupa sejumlah pertanyaan unik.

Jika biasanya kita melihat videotron berisi potongan iklan video atau gambar dengan menampilkan gambar produk dan bintang iklan, kali ini hanya berisi pertanyaan-pertanyaan unik seperti “Apa Kepanjangan dari KEPO”, “Gedean mana Diskon 70% atau 50%+20%”, “Kamu di jalan atau dijalan?”, disertai QR Code kuning di bawahnya.

Pengguna jalan yang sempat ditemui di lokasi juga tertarik akan fenomena ini. Seperti Bella yang kami temui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Bella mengaku pertanyaan yang muncul pada layar videotron itu sering sekali muncul dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu membuatnya penasaran dan mencoba memasang QR Code yang ada di bagian bawah layar.

“Saya sempet mencoba QR Code yang ada di layar. Pertama pertanyaan yg muncul itu sering kita temuin di kehidupan sehari-hari, tapi kita tidak pernah berusaha mencari tahu. Dan menarik emang. Kepikiran aja naikin pertanyaan beginian jd bikin yg liat pengen googling minimal hahaha tapi ndak ketemu” kata Bella.

Di Kota Bekasi

Dan tampaknya, videotron ini juga ada di kota lain. Dari pantauan koresponden Indonews.id di kota Bekasi, videotron “Pertanyaan Unik” juga terpasang di sisi jalan utama, seperti di jl. Ahmad Yani, Bekasi.

Reza seorang warga Bekasi, juga melihat hal yang sama. Ia mengaku sudah mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah dirinya mendapatkan akses masuk melalui link QR Code yang ada di layar.

“Ini buat becandaan apa gimana ya? Saya sudah coba jawab pertanyaannya setelah masuk di link QR Code, mentok di soal matematika. Pertanyaannya ngeselin ya, bingung jawabnya,” ujarnya.

Hebohkan Warganet

Tak hanya menyita perhatian pengguna jalan yang melintas, konsep videotron dengan “Pertanyaan Unik” di Sudirman, Jakarta juga menjadi bahan perbincangan para warganet +62 seperti terpantau dari aplikasi Twitter.

"Abis nongki cantek di FX nunggin ujan reda nih, abis reda pas lagi jalan balik malah disuruh mikir gara² ada soal di videotron depan FX ini. ni videotron ape guru Bahasa Indonesia dah? Kepengen jawab tp ga ngerti, gak ada pilihannya. Kamu tau jawabannya ga? Wajah menangis kencang," tulis akun @nonbombi dengan emotikon wajah menangis kencang.

"Liat soal di videotron otak gua langsung ngeblank seketika,nyesel gua kenapa dulu pelajaran bahasa indo sering izin ke toilet Wajah menangis kencang," balasa akun @sukakdenkaw.

Sementara warganet lainnya @egita_rizkitia mempertanyakan maksud pertanyaan-pertanyaan tersebut.

"Bisa-bisanya ada soal di videotron begitu woy, apa makksudnya?," tanyanya.

"Nyusahin banget ya itu soal di situ," timpal akun lainnya @sahayunaaa.

Warganet Bekasi juga tak mau kalah. Beberapa dari mereka juga ikut merespon pemandangan langka di langit kotanya.

"Karena ngeliat soal di baliho bekasi ini jadi keinget sama orang yg bilang gini, "kepo sama care beda tipis". susah ya sekarang bedain sama mana yg beneran peduli ke kita," tulis akun @mayoclaudi98.

Sementara warganet Bekasi lainnya mengaku pertanyaan ini menjadi seru karena hampir belum pernah ada sebelumnya.

"Soal di baliho kaya gini, jarang ada di kotaku. Seru juga kali ya, lewat terus baca ada soal kaya gini. Seringnya kalau misal jalan gitu, main game sama temen kaya cari kata. Ya kaya misal “coba cari tulisan ......” mikir gitu aja, udah capek tengok sana tengok sini." tulis @januarybloomch.

"Soal di billboard gini ko ada di mana mana si, tapi belum nih di kota gue, bakal ada gak ya wkwk," ungkap akun @snurhasanaah.

"Iyaa di Tangerang jg belom ada nih nemu soal di billboard gitu, atuh adanya spanduk partai huhu gimana aku mau kepo~~," beber akun @cuitandree.

"Banyak banget lewat soal di billboard gini kemarin di sudirman sekarang bekasi, besok dimana lagi ya ? Aku nyari2 keliling kotaku kok gaada soal gini," tutur @@mayoclaudi98

Dipasang mulaidarimanaja.com

Untuk menelusuri siapa yang memasang videotron “Pertanyaan Unik” ini, jurnalis Indonews.id mencoba scan QR Code yang ada di layar videotron. Setelah itu link akan diarahkan ke situs mulaidarimanaja.com.

Dimana kita akan diajak menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti yang ada di layar videotron dan diberi 2 opsi jawaban. Benar atau salah jawaban kita, nanti akan dijawab di email kita, setelah menjawab beberapa pertanyaannya.

Di tengah maraknya iklan digital di layar gadget kita, billboard dan videotron yang mengundang social experiment atau keterlibatan orang, akan ampuh untuk menarik perhatian traffic pejalan kaki dan pengguna kendaraan jika dikonsep dengan kreatif.

Tidak hanya dipakai oleh perusahaan, billboard dan videotron sering juga digunakan oleh beberapa pihak untuk menyampaikan pesan. Seperti lamaran pernikahan, berita singkat, sampai iklan capres.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas