INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/06/2021 23:53 WIB
  • Mantap! Kominfo Jamin Akses Komunikasi 4G pada Ajang PON XX Papua

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Mantap! Kominfo Jamin Akses Komunikasi 4G pada Ajang PON XX Papua
Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang digelar secara virtual bertajuk "Mengintip Kesiapan PON XX Papua, Kamis (24/6/2021).

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mendukung dan menjamin sepenuhnya layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G di Papua saat penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX mendatang.

Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate mengatakan akses komunikasi menjadi pilar penting dalam menyukseskan pesta olahraga nasional yang akan berlangsung pada 2 Oktober 2021 mendatang.

Baca juga : Menkominfo Johnny Plate Pastikan Pembangunan Jaringan 4G dan 5G Berjalan Simultan

Seluruh lokasi yang dijadikan ajang kompetisi olahraga dan pendukungnya dipastikan akan memiliki akses komunikasi seluler 4G yang baik.

“Kita akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi pada ajang olahraga ini,” ujar Johnny Gerard Plate saat Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang digelar secara virtual bertajuk "Mengintip Kesiapan PON XX Papua, Kamis (24/6/2021).

Secara teknis, katanya, dalam memberikan pelayanan telekomunikasi yang berkualitas, Kominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang terdapat di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Jayapura.

Hal tersebut dilakukan agar jaringan telekomunikasi yang dibangun dipastikan dapat memberikan akses seluler 4G ketika PON XX Papua berlangsung.

Kominfo juga telah berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga jaringan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut tetap berkualitas selama berlangsungnya kompetisi.

Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaringan telekomunikasi seluler 4G dapat digunakan secara optimal selama ajang olahraga tersebut berlangsung.

“Dijaga kualitasnya untuk mendukung telekomunikasi pada saat sebelum, selama, dan sesudah ajang olahraga di Papua sudah disiapkan betul,” kata Johnny.

Sebagai cadangan telekomunikasi di sana, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkualitas melalui sambungan satelit yang dijadikan alternatif.

Ini sebagai upaya menjaga jaringan telekomunikasi yang digelar selama ajang PON XX tetap berkualitas. “Pemanfaatan satelit sebagai back up telekomunikasi pada ajang PON XX di Papua,” imbuhnya.

Melalui dukungan dari jaringan telekomunikasi berkualitas, pesta PON XX dapat disaksikan melalui kanal, platform maupun aplikasi digital dimanapun berada.

Sehingga, masyarakat dari berbagai daerah dapat menyaksikan setiap ajang kompetisi olahraga bergengsi tersebut melalui ruang digital dalam beberapa waktu ke depan.

“Infrastruktur digital dipakai untuk menyaksikan dan menyemarakkan ajang olahraga di Papua,” tutur Menkominfo.

Saat ini, Kominfo sudah menyediakan berbagai kanal komunikasi di ruang digital yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pemangku kepentingan untuk menyebarkan berbagai informasi terkait dengan PON XX.*

Artikel Terkait
Menkominfo Johnny Plate Pastikan Pembangunan Jaringan 4G dan 5G Berjalan Simultan
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas